Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
BKPP DIY Berhasil Lolos 5 Besar Lomba Web Tingkat Kementerian Pertanian RI
Berita BKPP
Oleh : Admin | 06-11-2017 |

Sudah sejak beberapa tahun yang lalu Kementerian Pertanian RI menyelenggarakan kegiatan lomba web yang pesertanya dari berbagai instansi pemerintah lingkup pertanian se-Indonesia. Pada lomba ini dibagi beberapa tingkat/kategori, yaitu : Unit Eselon I lingkup Kementerian Pertanian; UPT Pusat lingkup pertanian (BPTP, BBPOPT, Balai Karantina, Balai Diklat Pertanian dll); SKPD lingkup pertanian provinsi; dan SKPD lingkup pertanian kabupaten/kota. Instansi yang dapat mengikuti kegiatan ini adalah bagi yang telah memiliki website (dengan nama domain resmi pemerintah .go.id).

Tujuan diadakannya kegiatan lomba web ini adalah untuk meningkatkan pelayanan publik agar data dan informasi dapat diakses secara mudah dan murah serta menjamin transparansi, akuntabilitas, efisiensi, dan efektifitas melalui pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara optimal. Hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pertanian Nomor 304/Kpts/TI.130/5/2015 tentang Pengelola Situs Web Kementerian Pertanian yang telah diterbitkan. Selain itu juga untuk mendorong dan meningkatkan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui situs web dan sebagai implementasi Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government.

Pada tahun 2017 ini, Kementerian Pertanian RI kembali menyelenggarakan lomba web yang jumlah tahapan seleksinya sebanyak 3 tahap kriteria penilaian, yaitu :

  1. Kriteria Penilaian Awal,
  2. Kriteria Penilaian Prakualifikasi (bagi yang lolos penilaian awal/nominasi 10 besar),
  3. Kriteria penilaian oleh tim juri melalui wawancara (interview), bagi yang lolos penilaian Prakualifikasi/nominasi 5 besar

Bagi instansi yang lolos dalam wawancara akan masuk dalam nominasi 3 besar untuk ditetapkan menjadi juara 1 sampai dengan juara 3 pada akhir bulan Nopember 2017 di Jakarta. Penilaian lomba web ini sendiri telah dimulai sejak bulan Mei yang lalu (pendataan dan penilaian awal) sampai dengan bulan Oktober 2017.

BKPP DIY dengan website resminya yang beralamat di www.bkpp.jogjaprov.go.id, pada tahun ini telah berhasil lolos sampai pada tahap ketiga, wawancara pada bulan Oktober 2017 lalu, bersama dengan 4 instansi lainnya (diambil 5 besar) yang terdiri dari : Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Riau, Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur, Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat dan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat. Sedangkan tim juri pada lomba web tersebut berasal dari berbagai kalangan, yaitu : Kementerian Komunikasi dan Informatika, Universitas Indonesia, Binus University, Forum Wartawan Pertanian, Himpunan Informatika Pertanian Indonesia dan Praktisi IT.

Sebelum wawancara dilaksanakan, BKPP DIY yang dalam hal ini oleh Kepala Badan dipersilahkan untuk menyampaikan presentasi yang telah dipersiapkan sebelumnya selama kurang-lebih 15 s/d 20 menit yang dilakukan di depan tim juri. Dalam presentasinya, Kepala BKPP DIY menyampaikan berbagai hal terkait kelembagaan BKPP DIY seperti Standar Operasional Prosedur (SOP), SDM, Organisasi, Pengembangan SDM; Kebijakan BKPP DIY seperti Visi Misi, Penerapan Kebijakan TIK, Anggaran; Infrastruktur, yaitu : Data Center, Jaringan Data, Keamanan, Pemeliharaan TIK; Manajemen Konten; Dampak, seperti : Identifikasi, Respon Kepuasan Pengguna; serta Layanan Unggulan.

Alhamdulillah, berkat kerja keras tim pengelola website dan kerja sama yang baik dengan berbagai pihak, BKPP DIY pada tahun ini berhasil lolos masuk dalam nominasi 3 besar. Hal ini tentu saja merupakan hal yang sangat menggembirakan sekaligus membanggakan karena sebelumnya BKPP DIY belum pernah menjadi juara pada setiap kegiatan lomba web tingkat Kementerian Pertanian yang skalanya secara nasional dengan tingkat kompetisinya yang tinggi. Selamat atas keberhasilannya, semoga prestasi ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan pada masa-masa mendatang.

Detail tentang pelaksanaan lomba web dapat diunduh pada alamat http://pertanian.go.id/lombaweb.

 

 

Lainnya :
*
Kompetisi Kelompok Budaya Pemerintahan SATRIYA Tahun 2018
Berita BKPP
Oleh : Sekretariat | 29-11-2018 |
*
Nilai IKM BKPP: Hasil Survei Kepuasan Masyarakat Tahun 2018
Berita BKPP
Oleh : Sekretariat | 29-11-2018 |
*
Audiensi Pengurus APJI DIY Kepada Kepala BKPP DIY
Berita BKPP
Oleh : Admin | 26-11-2018 |

Beranda Berita BKPP