Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Bazaar Pangan Murah, BKPP DIY Sediakan 4 Ton Beras
Berita BKPP
Oleh : Sekretariat | 15-01-2018 |


Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan DIY, turun langsung ke lapangan dalam rangka menggelar bazaar pangan murah (12/01/18). Kegiatan ini merupakan salah satu upaya BKPP DIY dalam membantu masyarakat untuk mendapatkan beras murah berkualitas ditengah situasi harga beras yang meningkat terus.

Melihat situasi harga beras yang relatif meningkat, maka Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta perlu menggelar bazaar pangan murah, khususnya komoditas beras. “Untuk DIY yang dianggap kecenderungannya naik itu beras, sedangkan untuk gula pasir, minyak goreng, bawang merah relatif masih konstan sehingga hanya bazaar beras yang digelar", demikian yang disampaikan oleh Kepala BKPP DIY
.

Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan DIY, Ir. Arofa Noor Indriani, M.Si.


Bazaar beras ini diadakan secara insidentil. Sebelumnya dari pihak Kementerian Pertanian RI meminta setiap Provinsi Se-Jawa untuk mengadakan bazaar beras. Oleh karena itu, DIY mengambil sikap untuk mengadakan bazaar di Pasar Beringharjo dan Pasar Kranggan.

Beras yang dibazaarkan yaitu beras yang berasal dari Toko Tani Indonesia (TTI). “Bazaar yang diadakan baru komoditas beras saja karena yang mengalami fluktuasi harga hanya beras. Kami mengeluarkan 4 ton untuk bazaar dengan harga Rp. 8.800,-/kg. Harapannya, dengan harga Rp. 8.800,- tersebut masyarakat dapat memperoleh beras dengan kualitas bagus sehingga kenyamanan masyarakat dalam membeli dapat dipastikan. Kalau diluar, harga beras seperti ini sudah mencapai Rp. 10.000,- ke atas”, tambah Beliau.

Kegiatan ini merupakan satu upaya aksi stabilisasi harga pangan guna mempermudah aksesbilitas masyarakat dalam memperoleh beras. Kegiatan perdana ini akan menjadi rencana aksi bulan-bulan ke depan untuk antisipasi dalam mencukupi kebutuhan yang belum memadai, dengan melihat kondisi beras yang fluktuasi. Harapannya panen raya yang jatuh pada akhir bulan Februari-Maret dapat menekan harga sehingga harga beras dapat turun.
 

Bazaar Pangan Murah di Pasar Beringharjo

 

Bazaar Pangan Murah di Pasar Keranggan

 

Lainnya :
*
Halal Bihalal Mengawali Hari Pertama Kerja
Berita BKPP
Oleh : Sekretariat | 21-06-2018 |
*
SELAMAT BERKUMPUL BERSAMA KELUARGA
Berita BKPP
Oleh : Sekretariat | 08-06-2018 |
*
Ikuti Hari Krida Pertanian 2018, BKPP DIY Hadirkan 3 Stan
Berita BKPP
Oleh : Sekretariat | 04-06-2018 |
*
Bersama BKP Pusat Adakan Sergap di Kabupaten Bantul
Berita BKPP
Oleh : Sekretariat | 30-05-2018 |
*

Beranda Berita BKPP