Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Wakil Gubernur DIY Resmikan Gudang Cadangan Pangan LDPM Gapoktan Desa Sumberagung
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Admin | 02-05-2012 |

Wakil gubernur provinsi DIY, Paku Alam IX pada hari Rabu, 9 Februari 2011 meresmikan gudang cadangan pangan Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat (LDPM) Gapoktan Sumberagung, desa Sumberagung, kecamatan Jetis, kabupaten Bantul. Gudang cadangan pangan ini merupakan bantuan sosial dari Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Provinsi DIY. Acara peresmian ini juga dihadiri oleh Kepala Pusat Distribusi Pangan Badan Ketahanan Pangan RI, Bupati Bantul, Kepala Badan ketahanan Pangan dan Penyuluhan Provinsi DIY, serta aparat pemerintah terkait, pengurus dan anggota LDPM.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur DIY menyampaikan bahwa dana bantuan untuk LDPM, baik itu bersumber dari APBN maupun APBD mempunyai fungsi untuk menyediakan cadangan pangan di tingkat Gapoktan atau desa, serta melakukan stabilisasi harga. Oleh sebab itu Gapoktan penerima dana bantuan sosial LDPM diharapkan dapat memanfaatkan dana tersebut sebaik-baiknya sesuai dengan peruntukannya agar hasil panen tidak jatuh hingga di bawah Harga Pembelian Pemerintah (HPP) untuk komoditas beras, dan di bawah Harga Referensi Daerah (HRD) untuk komoditas jagung, kedelai, dan ubi kayu. Keberadaan LDPM diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan para petani selaku produsen, dan di sisi lain dapat berkontribusi menyediakan bahan pangan yang cukup bagi pemenuhan kebutuhan masyarakat di saat paceklik.

Menurut Wagub DIY sampai saat ini masyarakat masih dihadapkan pada kondisi anomali iklim yang masih tidak menentu, yang berdampak pada penurunan produksi pangan serta kegagalan panen sehingga ketersediaan pangan menjadi semakin berkurang. Kondisi ini harus dapat diatasi oleh pengurus Gapoktan dan para petani pada umumnya dengan menerapkan usaha tani yang tahan terhadap anomali iklim yang tidak menentu sehingga usaha taninya dapat berhasil dengan baik. Di sisi lain, cadangan pangan di tingkat masyarakat perlu terus ditingkatkan dengan memanfaatkan gudang cadangan pangan di tingkat masyarakat, sekaligus untuk mengantisipasi paceklik panen, disamping pemanfaatannya untuk pangan lokal selain beras perlu terus digalakkan. Yang demikian itu merupakan kinerja yang diharapkan dari adanya fasilitasi gudang cadangan pangan ini.

Sedangkan Kepala Pusat Distribusi Pangan Badan Ketahanan Pangan RI dalam sambutannya mengemukakan bahwa ke depannya Pemerintah Pusat akan terus mendorong agar pemerintah provinsi maupun kabupaten terus mengembangkan cadangan pangannya. Hal ini sesuai amanat Undang-undang Nomor 7 Tahun 1996 tentang pangan yang menyatakan bahwa pemerintah dan masyarakat secara bersama-sama bertanggungjawab dalam membangun dan mengembangkan cadangan pangan, baik cadangan pangan pemerintah maupun cadangan pangan masyarakat. Pengelolaan cadangan pangan yang professional sangat diperlukan agar cadangan pangan yang disimpan tidak rusak. Cadangan pangan pemerintah dapat dimanfaatkan secara cepat oleh masyarakat yang membutuhkan jika terjadi kondisi bencana atau kerawanan pangan.

Menurut beliau cadangan pangan di tingkat masyarakat petani melalui kelembagaan masyarakat seperti Gapoktan sangat baik untuk terus dikembangkan, dan keberhasilan pengelolaannya tentu tidak lepas dari SDM yang professional, sehingga peningkatan pengetahuan dan keterampilan pengelola sangat diperlukan meliputi pengelolan cadangan pangan yang baik agar tidak mudah rusak saat disimpan dan juga pengelolaan administrasi yang akuntabel dan transparan. Kepedulian pemerintah provinsi DIY terhadap masyarakat petani patut diberikan penghargaan sehingga diharapkan agar masyarakat mampu memelihara secara swadaya bersama-sama dengan anggota petani dan pengurus Gapoktan serta memanfaatkan gudang cadangan pangan yang telah dibangun ini agar bermanfaat bagi masyarakat.

Acara ini diakhiri dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan tumpeng oleh Wakil Gubernur DIY serta pengguntingan pita oleh Bupati Bantul sebagai tanda telah diresmikannya gudang cadangan pangan LDPM Sumberagung ini.

Lainnya :
*
Kunjungan Ke Lokasi Lumbung Pangan Masyarakat Sumatera Barat
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Admin | 16-08-2018 |
*
BKPP DIY Selenggarakan Lomba Desa Mandiri Pangan Tahun 2018
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 26-07-2018 |
*
Sosialisasi Desa Mandiri Pangan 2018
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 17-07-2018 |
*
Pembahasan Lomba Desa Mandiri Pangan 2018
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 25-05-2018 |
*
BKPP DIY Kembangkan Kawasan Rumah Pangan Lestari
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 26-02-2018 |

Beranda Bidang Ketersediaan Pangan