Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Provinsi DIY Turut Serta Dalam Program SERGAB
Berita BKPP
Oleh : Sekretariat | 06-03-2018 |

 

Menyikapi merosotnya harga gabah disaat panen raya, Kementerian Pertanian RI bersama Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan DIY mendatangi dua Kabupaten di DIY, yaitu kabupaten Gunungkidul di Desa Karangmojo dan Kabupeten Bantul di Desa Trirenggo. Kegiatan ini guna mengoptimalkan program Safari Serapan Gabah (Sergab) yang dihadiri oleh Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP), Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul, Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Bantul, serta BRI.

Tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah agar harga gabah tidak jatuh menjelang dan saat panen raya, sekaligus untuk mengisi cadangan beras pemerintah. Penyerapan gabah merupakan upaya untuk mengisi cadangan beras pemerintah yang disimpan di gudang Bulog. Pemerintah menargetkan penyerapan beras 2,2 juta ton sampai di bulan Juni 2018. Karena itulah sergab ditingkatkan sejak sekarang dimana saat ini masa panen sedang berlangsung.

Tahapan yang dilakukan saat ini berupa perjanjian jual beli antara Koperasi Kodim dengan Bulog. “Saat ini gabah petani sudah dibeli Dandim, dimana pembelian gabah kering panen untuk keperluan ketahanan pangan. Harga telah disepakati sebesar Rp. 4.440,-/kg dan gabah kering giling akan dijual Rp. 5.550,-”, seperti disampaikan Dr. Ir. Agung Hendradi, M.Eng selaku Kepala Badan Ketahanan Pangan RI. 

 

Lainnya :

Beranda Berita BKPP