Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
DPRD Provinsi Kalimantan Selatan Adakan Studi Banding Di DIY
Berita BKPP
Oleh : Sekretariat | 26-03-2018 |


Jumat (23/3) Rombongan dari Provinsi Kalimantan Selatan mengadakan studi lapangan di Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan DIY. Pertemuan ini kali keduanya untuk berdiskusi terkait memajukan wilayah daerah. Rombongan yang ikut hadir dalam pertemuan ini yaitu Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan, Ketua Komisi I, II, III DPRD Prov. Kalsel, Ketua Pansus, Wakil Ketua Pansus, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Prov. Kalimantan Selatan, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, serta Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan beserta jajarannya. Rombongan dari Kalimantan Selatan tersebut kurang lebih ada 33 orang.
 

 

Maksud dari kunjungan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Provinsi Kalimantan Selatan dalam mengembangkan daerahnya melalui studi komparasi.  Pertemuan ini membahas tentang Peraturan Daerah tentang penguatan ketahanan pangan di BKPP DIY.

Kepala BKPP DIY menyampaikan bahwa di BKPP ada 3 sub sistem ketahanan pangan yaitu ketersediaan, keterjangkauan, dan pemanfaatan. Ketersediaan mencangkup produksi dalam negeri, impor, dan cadangan pangan. Keterjangkauan berkaitan dengan aksesibilitas secara fisik dan ekonomi, sedangkan pemanfaatan erat kaitannya dengan kualitas pangan baik keseimbangan gizi ataupun mutu dan keamanan pangan.

Pada pertemuan yang singkat tersebut juga membahas tentang PERDA Nomor 2 Tahun 2014 tentang Penjaminan Mutu dan Keamanan Pangan Segar Asal Tumbuhan. Daerah Istimewa Yogyakarta yang wilayahnya merupakan daerah produsen dan konsumen serta memiliki tempat destinasi wisata dan merupakan kota pelajar ini, yang menjadikan wilayah DIY sangat potensial. Eksportir dan pasar memiliki peluang untuk pemasaran Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT). Komoditas unggulan di DIY yang memiliki nilai ekspor diantaranya salak, mangga, manggis, tembakau kering, cengkeh, dan pala.

Forum ditutup dengan pemberian cindera mata yang disampaikan oleh Kepala BKPP DIY kepada Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan dan pertemuan ini dapat dijadikan studi pembanding yang bermanfaat untuk kedepannya. Harapannya aspek-aspek yang bernilai di DIY dapat dijadikan terobosan terpadu guna diterapkan di Pemerintahan Provinsi Kalimantan Selatan. 

 

(Pemberian cindera mata dari BKPP DIY diterima oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan)

 

(Rombongan menyimak dan aktif dalam diskusi)

 

 

 

 

 

 

 

 

Lainnya :
*
BKPP DIY Hadir Dalam Gelar Pangan Nusantara 2018
Berita BKPP
Oleh : Sekretariat | 31-07-2018 |
*
55 Orang Kunjungi Dua Kabupaten Di Jawa Tengah Untuk Studi Banding
Berita BKPP
Oleh : Sekretariat | 23-07-2018 |
*
BKPP DIY Lepas 5 Pegawai Purna Tugas
Berita BKPP
Oleh : Sekretariat | 18-07-2018 |
*
Kepala BKPP DIY Menjadi Pembahas dalam WNPG XI 2018
Berita BKPP
Oleh : Sekretariat | 10-07-2018 |

Beranda Berita BKPP