Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Dewan Ketahanan Pangan DIY Adakan RAKERDA Tahun 2018
Berita BKPP
Oleh : Sekretariat | 27-03-2018 |

 

Dewan Ketahanan Pangan DIY menyelenggarakan Rapat Kerja Daerah Tahun 2018 di Ruang Dewi Sri BKPP DIY. Forum ini sambut dengan baik oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan DIY, dengan terlebih dahulu menyanyikan lagu Indonesia Raya. Pertemuan yang diadakan pada tanggal 20 Maret 2018 tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian DIY, Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman, dan OPD kabupaten/kota serta para Pokja Ahli DKP dan Pokja Teknis DKP DIY.

Gubernur DIY selaku Ketua Harian DKP DIY yang pada kesempatan itu diwakilkan oleh Staf Ahli Gubernur menyampaikan bahwa hasil evaluasi kinerja DKP DIY salah satunya adalah ekpose hasil program 8 desa Percontahan Pengurangan Kemiskinan dan Kerawanan Pangan yang kemudian modelnya direplikasi ke 12 desa rawan pangan di wilayah kantong kemiskinan kecamatan di DIY.

 

 

Kepala BKPP DIY menambahkan bahwa di tahun 2018 berkaitan dengan penurunan desa rawan pangan yang tadinya di tahun 2017 diprediksi ada 12 desa kini di tahun 2018 berkurang menjadi 10 desa rawan pangan.

Dalam forum ini juga disampaikan progress Perlindungan Lahan Pertanian Berkelanjutan (PLP2B), dimana telah disepakati bahwa pada tahap I aspek yang ditangani adalah Tanaman Pangan dan Hortikultura dan tahap ke II dan selanjutnya baru dilanjutkan untuk sub sektor peternakan dan perikanan. Berkaitan deangan itu, DKP DIY diharapkan menjembatani untuk mengusulkan masukan kepada Pemerintah Pusat dalam rangka mencari solusi terhadap permasalahan.

“Penyusutan lahan 0,35% atau setara 250 hektar tiap tahun (0,55 tiap hari), konversi lahan yang tidak terkendali ini menjadi salah satu persoalan utama tentang pangan”, ujar Ir. Sasongko, M.Si selaku Kepala Dinas Pertanian DIY.

Beliau juga menanggapi terkait PLP2B bahwa penerapan kebijakan pemberian insentif terkendala anggaran dan kurang tepatnya sasaran karena pemilik bukan penduduk DIY.

 

 

 

  

 

Lainnya :
*
*
Wakil Gubernur DIY Resmikan Toko Tani Indonesia Center (TTIC)
Berita BKPP
Oleh : Sekretariat | 07-05-2018 |
*
Dialog Pembangunan Ketahanan Pangan
Berita BKPP
Oleh : Sekretariat | 19-04-2018 |
*
DPRD Provinsi Kalimantan Selatan Adakan Studi Banding Di DIY
Berita BKPP
Oleh : Sekretariat | 26-03-2018 |
*
Provinsi DIY Turut Serta Dalam Program SERGAB
Berita BKPP
Oleh : Sekretariat | 06-03-2018 |

Beranda Berita BKPP