Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Sinkronisasi dan Koordinasi Kegiatan Penyuluhan Pertanian Tingkat DIY
Bidang Koordinasi Penyuluhan
Oleh : Andi Bagus | 10-04-2018 |

sinkronisasi1.jpg

Beberapa waktu lalu telah terselenggara Kegiatan Sinkronisasi dan Koordinasi Penyuluhan Pertanian Tingkat D.I.Yogyakarta pada tanggal 5 April 2018 bertempat di hotel Grand Tjokro Yogyakarta. Maksud dan tujuan dari kegiatan ini antara lain : Mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan dan anggaran Pemantapan Sistem Penyuluhan Pertanian serta Menyusun rencana teknis pelaksanaan kegiatan Pengawalan dan Pendampingan Penyuluh yang disinergikan dengan kegiatan lingkup Provinsi, Kabupaten dan Kecamatan, serta Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi. Sasaran Kegiatan Sinkronisasi ini antara lain; Pejabat yang membidangi Penyuluhan di Tingkat Provinsi dan Kabupaten, Koordinator Penyuluh Provinsi dan Kabupaten, Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Pelaksana Sekolah Lapang dan Adaptasi Teknologi Spesifik Lokalita, Peneliti dan Penyuluh dari BPTP DIY.

Para Narasumber yang hadir Yaitu;  Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan DIY, Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Yogyakarta, Kepala Bidang Koordinasi Penyuluhan D.I.Yogyakarta. Sambutan dan Pengarahan oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan DIY terkait dengan Dukungan Penyuluhan Dalam Mewujudkan Swasembada Pangan di Yogyakarta. Kepala Pusat Penyuluhan Kementerian Pertanian memberikan materi terkait Arah Kebijakan dan Rencana Aksi Penyelenggaraan Penyuluhan Pertanian Melalui Dana Dekon. Kepala Pusat Penyuluhan antara lain menjelaskan tentang Misi BPPSDMP Bidang Penyuluhan yaitu; Memantapkan Sistem Penyuluhan Pertanian Yang Terpadu dan Berkelanjutan. Optimalisasi Peran BPP dan WKPP antara lain melalui Gerakan Pemberdayaan Petani Terpadu (GPPT) antara Penyuluhan, Pelatihan dan Pendidikan. Selain itu juga dilakukan dengan Menarik Minat Generasi Muda untuk Berprofesi di bidang Agribisnis. Penguatan Kebijakan Penyuluhan Pertanian Berbasis Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di Kecamatan yang meliputi; Penguatan BPP sebagai Pusat Integrasi Data dan Kegiatan, Pengembangan Penyuluh Swadaya, Pemantapan Pos Penyuluhan Desa, Penguatan Penyuluhan Pertanian Berbasis Informasi dan Teknologi, Penguatan Kelembagaan Petani menjadi Kelembagaan Ekonomi Petani.

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Yogyakarta Dr.Ir.Kristamtini menyampaikan materi tentang Adaptasi Teknologi Sistem Pertanian Terpadu, dimana Sistem Pertanian Terpadu merupakan sistem pertanian yang meng-integrasikan kegiatan sub sektor pertanian (tanaman, ternak, ikan) untuk  meningkatkan efisiensi dan produktivitas sumber daya lahan, kemandirian, kesejahteraan petani secara berkelanjutan. Praktek pertanian yang mengintegrasikan  pengelolaan tanaman, ternak dan Ikan dalam satu kesatuan yang utuh. Dan dijelaskan juga secara lengkap hasil pengkajian Mina Padi yang telah berhasil diterapkan di 5 kecamatan di Kabupaten Sleman.

sinkronisasi2b.jpg

sinkronisasi3b.jpg

Lainnya :
*
TEMU TUGAS PENYULUH, MENDUKUNG SUKSES SWASEMBADA PANGAN DI DIY
Bidang Koordinasi Penyuluhan
Oleh : Andi Bagus | 28-02-2018 |
*
PEMBINAAN DAN EVALUASI THL TBPP DIY TAHUN 2017
Bidang Koordinasi Penyuluhan
Oleh : Andi Bagus | 25-10-2017 |
*
Penumbuhan dan Pengembangan Kelompok Usaha Bersama Petani Muda
Bidang Koordinasi Penyuluhan
Oleh : Andi Bagus | 21-10-2017 |
*
Tim BKPP DIY Kunjungi Sumber Teknologi Perbenihan di Jawa Barat
Bidang Koordinasi Penyuluhan
Oleh : Sekretariat | 01-08-2017 |
*
PENYULUH ANTUSIAS MENGIKUTI BIMTEK MATERI PENYULUHAN
Bidang Koordinasi Penyuluhan
Oleh : Sekretariat | 30-07-2017 |

Beranda Bidang Koordinasi Penyuluhan