Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Kunjungan Special Reporter (SR) Dewan Hak Azasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (HAM PBB) ke Kulon Progo
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 16-04-2018 |


Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan DIY mendampingi kunjungan Special Rapporteur on the Right to Food (SR on Food) Dewan Hak Azasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (HAM PBB), Hilal Ever ke Yogyakarta dan kunjungannya ke Desa Nglambur, Kulonprogo (13/4).

Kedatangan SR tersebut bertujuan untuk mendorong upaya pematapan dan pemenuhan hak atas pangan di tingkat nasional, regional dan international. Saat kunjungan di Kelompok Wanita Tani (KWT) Seruni Menoreh, Kulon Progo, Hilal Ever mengapresiasi hasil kerja KWT. Bahkan ia berinisiatif apa yang dilihat untuk diaplikasikan di rumahnya, lantaran memiliki pekarangan yang luas tetapi tidak dimanfaatkan dengan baik.

"Saya melihat tadi ada tanaman yang dibentuk seperti piramid dan saya akan meniru untuk halaman rumah saya. Karena sangat penting untuk kita tetap menjaga tradisi dan inovasi pertanian di era globalisasi saat ini", Ujar Hilal.

Hilal terkesan sekali dengan masyarakat di Nglambur. Ia berharap, masyarakat bisa menjaga kearifan lokal dengan pengetahuan yang sudah dimiliki agar jangan sampai tergerus kemajuan globalisasi. Hilal Ever mengatakan bahwa ia bangga dengan perempuan petani di sini, masih muda, semangat dalam mengusahakan pertanian di desanya. Hilal juga mengatakan bahwa generasi muda tidak tertarik terhadap bidang pertanian untuk memproduksi pangan karena mereka menganggap pertanian kurang menarik. Hal ini perlu adanya dorongan untuk generasi muda agar meneruskan semangat pertanian.
 


Pada prinsipnya Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) memanfaatkan pekarangan ramah lingkungan yang dirancang untuk ketahanan dan kemandirian pangan, diversifikasi pangan berbasis sumber daya lokal, konservasi sumberdaya genetic pangan seperti tanaman, ternak, ikan. Menjaga kelestarian melalui kebun bibit desa menuju peningkatan pendapat dan kesejahteraan masyarakat.

Pengembangan KRPL ini  berbasis sumber daya lokal yang implentasinya melaui kegiatan optimalisasi pemanfaatan pekarangan sangat efektif dalam meningkatan kesejahteraan dan pendapatan masyarakat.

Setiap anggota mengoptimalisasi sumber daya yang dimiliki, termasuk pekarangan dalam menyediakan pangan bagi keluarga. Pada prinsipnya pemanfaatan pekarangan dirancang untuk pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi keluarga, diversifikasi pangan berbasis sumber daya lokal, pelestarian tamanan pangan untuk masa depan serta peningkatan pendapatan yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
 

 

Lainnya :
*
Penerimaan Hibah KRPL Tahun 2018
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 09-07-2018 |
*
Diseminasi Perda - Pergub Penjaminan Mutu dan Keamanan PSAT di Daerah Suplier
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 30-10-2017 |
*
BKPP DIY Sosialisasikan HET Beras
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 27-10-2017 |
*
BKPP DIY Lakukan Pemantauan Mutu Beras
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 19-10-2017 |
*
BKPP DIY OPTIMALKAN KAPASITAS PETUGAS PENGAWASAN KEAMANAN PANGAN
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 02-08-2017 |

Beranda Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan