Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Wakil Gubernur DIY Resmikan Toko Tani Indonesia Center (TTIC)
Berita BKPP
Oleh : Sekretariat | 07-05-2018 |

 


Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan DIY (3/5) telah sukses menyelenggarakan launching Toko Tani Indonesia Center (TTIC) yang berlokasi di Jalan Gondosuli Nomor 6 Yogyakarta. Berdirinya TTIC dimaksudkan untuk mempermudah akses berjaringan antara Gapoktan dan masyarakat dan meningkatkan ketersediaan kebutuhan masyarakat yang lebih luas.

Kegiatan TTIC ini membawa misi untuk melindungi produsen dari jatuhnya harga dan disisi lain melindungi konsumen dari tingginya harga pangan sehingga tercipta tata niaga pangan yang berkeadilan.
 


Launching TTIC diresmikan oleh Wakil Gubernur DIY dan dihadiri oleh Sekretaris BKP Kementerian Pertanian RI beserta OPD-OPD yang terkait. Dalam launching ini BKPP DIY mampu merangkul 97 TTI di DIY sebagai instrumen sistem informasi untuk mengontrol kebutuhan masyarakat dengan stok yang ada dan memantau perkembangan harga.

Kepala BKPP DIY, Ir. Arofa Noor Indriani, M.Si. menuturkan ketersediaan pangan DIY sudah ada di level baik. Namun demikian masih diperlukan peningkatan pemenuhan kebutuhan masyarakat akan bahan pangan tersebut. Pasalnya meski dianggap cukup baik, namun ketersediaan pangan tersebut belum sampai tingkat konsumsi rumah tangga. Belum lagi masih ada 10 desa rawan pangan di wilayah DIY dengan prosentase 2,2% dari seluruh desa yang ada.

Selain itu, masih ada 10,32% penduduk miskin yang butuh diperhatikan kebutuhan kalorinya. Oleh karena itu, menurut Kepala BKPP DIY, TTIC diharapkan mampu mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut, terutama dalam menekan harga bahan pangan akibat panjangnya rantai distribusi dari produsen ke tingkat konsumen.

Caranya dengan menggandeng Gapoktan dan produsen lainnya untuk menyetorkan hasil produksinya ke TTIC untuk dijual langsung ke konsumen. Sehingga TTIC dapat menjual bahan pangan di bawah harga pasar dan produsen mendapatkan keuntungan sesuai standar yang ada.

Sekretaris BKP Kementerian Pertanian RI, Ir. Mulyadi Hendiawan, MM menuturkan TTIC merupakan upaya pemerintah hadir dalam memenuhi persedian pasokan bahan pangan dan mempengaruhi harganya agar stabil. Sehingga pasokannya cukup, kualitasnya baik, dan harganya pun tidak di atas HET yang telah ditentukan.
 

 

 

 

Lainnya :
*
*
Dialog Pembangunan Ketahanan Pangan
Berita BKPP
Oleh : Sekretariat | 19-04-2018 |
*
Dewan Ketahanan Pangan DIY Adakan RAKERDA Tahun 2018
Berita BKPP
Oleh : Sekretariat | 27-03-2018 |
*
DPRD Provinsi Kalimantan Selatan Adakan Studi Banding Di DIY
Berita BKPP
Oleh : Sekretariat | 26-03-2018 |
*
Provinsi DIY Turut Serta Dalam Program SERGAB
Berita BKPP
Oleh : Sekretariat | 06-03-2018 |

Beranda Berita BKPP