Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Cadangan Pangan Pemda DIY Siap Disalurkan ke Palu
Berita BKPP
Oleh : Admin | 17-10-2018 |


 

Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan D.I. Yogyakarta (Selasa, 16/10) menyalurkan cadangan pangan pemerintah Daerah (CPPD) yang dimiliki oleh Pemda DIY sebesar 1 ton untuk masyarakat terdampak bencana gempa dan Tsunami di Palu, Sulawesi Tengah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY.  Jumlah cadangan pangan, yang dalam hal ini berupa beras, merupakan hasil koordinasi sebelumnya antara BKPP DIY dengan BPBD DIY sebagai tindak lanjut Surat  Edaran Gubernur DIY Nomor 360/14177 tanggal 05 Oktober 2018 perihal Permohonan Partisipasi untuk Bantuan Kemanusiaan Korban Gempa dan Tsunami di Palu, Sulawesi Tengah.  

Bantuan Cadangan Pangan diangkut langsung dari gudang PUSKUD Metaram selaku pihak ketiga yang hingga saat ini masih mengelola cadangan pangan Pemda DIY, di samping BULOG Divre DIY. Sebanyak 40 karung yang masing-masing berisi 25 kg beras diserahkan langsung ke gudang pemyimpanan logistik BPBD DIY. Dalam waktu dekat beras tersebut akan didistribusikan ke Palu bersama dengan bantuan lainnya menggunakan armada logistik yang dimiliki oleh PT. Pos Indonesia.


 

Pemda DIY memiliki cadangan pangan sebesar 194 ton yang sewaktu waktu dapat dikeluarkan, salah satunya saat terjadi bencana sebagaimana tertuang dalam pasal 3 Perda DIY Nomor 4 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Cadangan Pangan yang telah disahkan pada 23 Mei 2018 yang lalu.

Di samping menyerahkan bantuan cadangan Pangan, BKPP DIY juga menyerahkan sejumlah uang hasil penggalangan dana yang dilakukan oleh karyawan-karyawati BKPP DIY.
 

 

 

Lainnya :

Beranda Berita BKPP