Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Nilai IKM BKPP: Hasil Survei Kepuasan Masyarakat Tahun 2018
Berita BKPP
Oleh : Sekretariat | 29-11-2018 |

Indeks kepuasan masyarakat (IKM) adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya. Dasar hukum yang melandasi pelaksanaan survei IKM adalah Pergub DIY No. 68 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat dan Permenpan RB No. 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik, didalamnya mewajibkan setiap penyelenggara pelayanan publik melakukan pengukuran IKM sebagai salah satu instrumen evaluasi kinerja.

Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan DIY sebagai penyelenggara layanan publik di Pemda DIY memiliki 6 jenis layanan yang diampu oleh 3 unit layanan, yakni PPID Pembantu, OKKP-D DIY, dan Jogja Benih. Seluruh unit layanan telah melaksanakan survei kepuasan masyarakat dengan menggunakan instrumen survei seperti terlampir pada Pergub DIY No. 68 Tahun 2016. Hasilnya telah dilaporkan kepada Sekretaris Daerah melalui Kepala Biro Organisasi Setda DIY pada awal September 2018.

Pada hari Selasa 27 November 2018, BKPP DIY mengikuti kegiatan Ekspose IKM Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Lingkungan Pemda DIY bertempat di Ruang Rapat Unit VIII Kompleks Kepatihan Pemda DIY. Kompilasi IKM dari seluruh penyelenggara pelayanan publik lingkup Pemda DIY diekspose pada kegiatan tersebut. Tahun 2018 ini BKPP memperoleh nilai IKM 80,46 masuk dalam mutu layanan B dengan kinerja Baik. Diantara 102 penyelenggara pelayanan publik di Pemda DIY yang terdiri dari berbagai OPD maupun UPTD, posisi BKPP masih ada di tengah (peringkat 41). Ke depan diperlukan upaya-upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyakarat.

 

Lainnya :

Beranda Berita BKPP