Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Kompetisi Kelompok Budaya Pemerintahan SATRIYA Tahun 2018
Berita BKPP
Oleh : Sekretariat | 29-11-2018 |

Budaya SATRIYA sebagai budaya kerja ASN Pemda DIY mulai diterapkan sejak berlakunya Pergub DIY Nomor 72 Tahun 2008 tentang Budaya Pemerintahan yang ditindaklanjuti  dengan Pergub Nomor 53 Tahun 2014 tentang Petunjuk Pelaksanaan Budaya Pemerintahan.  Makna SATRIYA sendiri ada dua.  Pertama, watak ksatria yakni memegang teguh ajaran moral sawiji, greget, sengguh, ora mingkuh (konsentrasi, semangat, percaya diri dengan rendah hati, dan bertanggung jawab). Semangat dimaksud adalah golong gilig yang artinya semangat persatuan kesatuan antara manusia dengan Tuhannya, dengan sesama manusia, dan dengan lingkungannya. Sifat atau watak inilah yang harus menjiwai seorang ASN Pemda DIY dalam menjalankan tugasnya. Kedua, SATRIYA adalah singkatan dari Selaras, Akal budi luhur, Teladan-keteladanan, Rela melayani, Inovatif, Yakin dan percaya diri, Ahli-profesional.

Untuk mempercepat internalisasi dan implementasi nilai-nilai budaya pemerintahan dan agar ada kejelasan tugas dan tanggung jawab, di setiap SKPD dan UPTD dibentuk Kelompok Budaya Pemerintahan yang ditetapkan dengan Keputusan kepala SKPD. Kelompok Budaya Pemerintahan (KBP) di BKPP DIY ditetapkan melalui SK Kepala BKPP No. 188/00052/I tanggal 5 Januari 2018. Tugas KBP sesuai tertuang dalam Pergub 53/2014 telah dilaksanakan dengan baik.

Sebagai salah satu bentuk evaluasi dan pemberian apresiasi terhadap pelaksanaan Budaya Pemerintahan SATRIYA, Pemda DIY melalui Biro Organisasi melaksanakan kompetisi Kelompok Budaya Pemerintahan yang baru pertama kali diselenggarakan tahun ini. Lomba diikuti 40 OPD/UPT/UPTLTD lingkup Pemda DIY. Tahapan lomba dimulai dari seleksi administrasi, penentuan peringkat 10 besar, visitasi, dan wawancara dengan KBP dari masing-masing nominasi. Hasil seleksi administrasi, BKPP DIY masuk dalam nominasi 10 besar kategori OPD (peringkat 4). Selanjutnya pada hari Rabu (10/10) tim penilai melakukan visitasi ke BKPP DIY untuk melihat dan membuktikan secara langsung implementasi Budaya Pemerintahan SATRIYA di BKPP. Tahap penilaian terakhir adalah wawancara tim penilai dengan 5 orang personil KBP, BKPP mengikuti wawancara di Ruang Rapat Unit VIII Kompleks Kepatihan Pemda DIY pada hari Selasa (16/10).

Pengumuman dan penyerahan hadiah/piagam Kompetisi KBP dilaksanakan bersamaan dengan peringatan Hari Korpri ke-47 Tahun 2018 di lingkungan Pemda DIY, berlangsung di Bangsal Wiyotoprojo, Komplek Kepatihan pada hari Kamis (29/11).  Pemenang lomba Budaya Pemerintahan SATRIYA Tahun 2018 adalah:

  1. Juara I        :  Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat (skor 89,81)
  2. Juara II       :  Dinas Kesehatan (skor 89,80)
  3. Juara III      :  Badan Kepegawaian Daerah ( skor 89,09)

Urutan ke-4 sampai 10 ditempati RS Grhasia, Inspektorat, Diskominfo, Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan, Bappeda, Biro Tata Pemerintahan dan Dinas Kebudayaan. Ketua KBP BKPP, Ir. V. Barudin, M.Si. menerima piagam penghargaan dari Sekda DIY, Ir. Gatot Saptadi.

                        

Tahun ini BKPP menempati posisi ke-7. Terima kasih atas kerjasama seluruh personil BKPP telah mendukung penuh pelaksanaan Budaya Pemerintahan SATRIYA dan teruslah berinovasi menuju perubahan yang lebih baik.

Lainnya :

Beranda Berita BKPP