Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Lokakarya Penguatan LDPM Dan Pengukuhan Asosiasi LDPM Tingkat Provinsi
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Admin | 02-05-2012 |

Yogyakarta - Pada hari Jumat, 22 Juli 2011 yang lalu telah diselenggarakan Lokakarya Penguatan LDPM di Ruang Cendana Hotel Gowongan Inn. Peserta lokakarya adalah ketua gapoktan dan pendamping LDPM tahap mandiri, pengembangan dan penumbuhan. Kegiatan lokakarya, diawali dengan pengukuhan Asosiasi LDPM Tingkat Provinsi yang telah terbentuk pada tanggal 4 Juli 2011. Asosiasi LDPM Tingkat Provinsi dikukuhkan oleh Kepala BKPP Provinsi DIY, Ir. Asikin Chalifah dengan disaksikan oleh Wakil Gubernur Provinsi DIY.

Lokakarya dibuka oleh Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka Paku Alam IX. Dalam sambutannya wagub menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada ketua gapoktan dan instansi terkait dalam keaktifannya untuk menjaga kestabilan harga pangan dan penyediaan cadangan pangan bagi pemenuhan kebutuhan masyarakat yang sudah berjalan secara baik selama ini.

Pembicara dalam Lokakarya Penguatan LDPM adalah wakil dari pendamping LDPM dari 4 kabupaten. Dari Sleman diwakili oleh Suradi, Amd pendamping Gapoktan Sidomulyo, Sidomulyo, Godean, Sleman. Dari Kulonprogo diwakili oleh Hepnu Danarto, SPt pendamping Gapoktan Sidomaju, Cerme, Panjatan, Kulonprogo. Wakil dari Bantul adalah Tri Purwaningsih pendamping Gapoktan Gemah Ripah, Pendowoharjo, Sewon, Bantul. Wakil dari Gunungkidul adalah Eny Nurindah, Amd pendamping Gapoktan Subur Makmur, Bulurejo, Semin, Gunungkidul. Dalam paparannya, para pembiacara berbagi pengalaman tentang kiat-kiat dalam membina gapoktan agar terwujud gapoktan yang produktif, maju dan mandiri.

Dari hasil paparan dan diskusi dapat diambil kesimpulan bahwa dalam pendampingan gapoktan, pendamping harus mempunyai komitmen tinggi, bertanggungjawab, dan tidak kenal pamrih. Selain itu pendamping dapat menempatkan diri menjadi pembimbing, mitra/teman sejawat, sahabat, motivator dan dinamisator bagi gapoktannya. Gapoktan dapat dikatakan berhasil apabila mempunyai indikasi antara lain pengurus telah melakukan tupoksinya dengan baik, mampu mengkoordinir kelompok tani, membina kelompok tani/petani, pengurus mampu mempertanggungjawabkan kegiatannya, memiliki administrasi yang baik dan dapat diakses oleh semua anggotanya, menjalin kerjasama dengan pihak lain untuk memperluas jejaring usahanya. Oleh karena itu diperlukan pengurus yang terbuka, jujur, kreatif, inovatif, melaksanakan prinsip dagang yang baik dan amanah.

Lainnya :
*
Kunjungan Ke Lokasi Lumbung Pangan Masyarakat Sumatera Barat
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Admin | 16-08-2018 |
*
BKPP DIY Selenggarakan Lomba Desa Mandiri Pangan Tahun 2018
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 26-07-2018 |
*
Sosialisasi Desa Mandiri Pangan 2018
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 17-07-2018 |
*
Pembahasan Lomba Desa Mandiri Pangan 2018
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 25-05-2018 |
*
BKPP DIY Kembangkan Kawasan Rumah Pangan Lestari
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 26-02-2018 |

Beranda Bidang Ketersediaan Pangan