Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Pelatihan Peningkatan Kapasitas Gapoktan Tahap Pra Penumbuhan
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Admin | 02-05-2012 |

Yogyakarta - Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Provinsi DIY melalui Bidang Distribusi Pangan telah menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Gapoktan Tahap Pra Penumbuhan selama 3 hari pada tanggal 27 -29 Juli 2011. Pelatihan dilaksanakan di Ruang Rapat Gedung D BKPP Provinsi DIY dan praktek lapangan di gapoktan Sidomulyo, Desa Sidomulyo, Godean, Sleman. Pelatihan diikuti oleh pengurus gapoktan yang terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara, pengelola unit distribusi pangan dan pengelola unit cadangan pangan.

Gapoktan Tahap Pra Penumbuhan adalah hasil verifikasi LDPM Tahap Pra Penumbuhan dari 4 kabupaten. Gapoktan yang lolos verifikasi berjumlah 10 gapoktan yaitu Gapoktan Rukun, Tri Manunggal, Tani Mulyo, Jati Makmur, Guyub Rukun, Rukun Makaryo, Hargo Makmur, Luhur Sejahtera, Sedyo Manunggal, Sumbersari. Pelatihan bagi gapoktan tahap pra penumbuhan bertujuan untuk mempersiapkan gapoktan agar dapat mengelola distribusi hasil panen petani khususnya gabah/beras/jagung dan untuk memperkuat cadangan pangan masyarakat secara berkelanjutan sehingga pada saat gapoktan telah memasuki tahap penumbuhan, gapoktan telah siap untuk menjalankan gapoktan dengan lebih baik.

Dalam Pelatihan dimaksud, gapoktan dikenalkan pada pengelolaan gapoktan penguatan LDPM secara menyeluruh. Materi yang disampaikan antara lain pengelolaan cadangan pangan, pengelolaan distribusi pangan, kelembagaan gapoktan, pembukuan dan pelaporan gapoktan, praktek lapangan di gapoktan Sidomulyo, Sidomulyo, Godean, Sleman. Dalam materi pengelolaan cadangan pangan dan distribusi pangan, gapoktan ditekankan pada pengelolaan unit secara benar sesuai dengan aturan yang berlaku dan langkah-langkah yang diambil untuk menjadikan unit cadangan pangan dan distribusi pangan berkembang dan mandiri. Materi kelembagaan gapoktan dijabarkan kiat-kiat membentuk kelembagaan gapoktan yang kuat sehingga dapat maju, mandiri, dan produktif. Sedangkan pada materi pembukuan dan pelaporan gapoktan dijelaskan cara-cara pembukuan dan pelaporan yang benar. Pada praktek lapangan di gapoktan Sidomulyo, peserta diajak melihat langsung kegiatan yang dilakukan di gapoktan Sidomulyo dan diharapkan dapat menerapkannya di gapoktannya.

Lainnya :
*
Kunjungan Ke Lokasi Lumbung Pangan Masyarakat Sumatera Barat
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Admin | 16-08-2018 |
*
BKPP DIY Selenggarakan Lomba Desa Mandiri Pangan Tahun 2018
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 26-07-2018 |
*
Sosialisasi Desa Mandiri Pangan 2018
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 17-07-2018 |
*
Pembahasan Lomba Desa Mandiri Pangan 2018
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 25-05-2018 |
*
BKPP DIY Kembangkan Kawasan Rumah Pangan Lestari
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 26-02-2018 |

Beranda Bidang Ketersediaan Pangan