Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Penerimaan Penghargaan Tingkat Nasional Tahun 2011
Bidang Koordinasi Penyuluhan
Oleh : Admin | 02-05-2012 |

Yogyakarta, Pertama-tama kami sampaikan selamat kepada para para calon penerima penghargaan sebagaimana hasil verifikasi oleh Tim Kementerian Pertanian RI pada tanggal 27-29 Juni 2011, yang meliputi 5 Kriteria yaitu :

  • Petani Berprestasi : Suwarni asal Gunungkidul
  • Gapoktan Berprestasi : Gapoktan Sidomulyo, Kabupaten Sleman
  • UP-FMA Berprestasi : UP-FMA Terong, Dlingo Bantul
  • Penyuluh Swaadaya Teladan : H. Habudin,AMd.
  • Penyuluh PNS Teladan : Eny Nurindah, SP

SEKILAS PROFIL

1. SUWARNI (PETANI BERPRESTASI)


Merupakan salah satu perempuan petani yang ulet bekerja, tidak kenal waktu dan tempat. Perempuan kelahiran Januari Tahun 1959 itu sempat mengenyam pendidikan sampai setingkat D-1. Petani yang tinggal di Dusun Sulur II, Kemejing, Semin, Gunungkidul ini membudidayakan berbagai macam tanaman, seperti Padi, Jagung, Kacang Tanah,Cabai, Mentimun, dan Tomat.

Petani-petani perempuan seperti Suwarni di Yogyakarta Khususnya di Gunungkidul banyak jumlahnya, bahkan beberapa tahun sebelumnya Ny. Jazimah dari Bantul juga menjadi Petani Teladan DIY.


2. H. HABUDIN AMd. (PENYULUH SWADAYA TELADAN)
habudin.jpg

Lelaki kelahiran 20 Januari 1970 ini tinggal di Sindumartani, Ngemplak Sleman Yogyakarta. mengusahakan Tanaman Pangan dan Perkebunan, menggunakan sistem Tabela dan panen Syarí.

Penyuluhan menjadi pekerjaan yang mengasikkan bagi pria yang bertubuh tinggi besar ini, tanpa memikirkan fasilitas yang diberikan pemerintah, inilah yang menjadikan penyuluh swadaya ini mempunyai semangat yang tinggi untuk mengamalkan pengetahuan yang dimilikinya kepada petani yang membutuhkan.


3. ENY NURINDAH, STP (PENYULUH PNS TELADAN)
Eny_Nurindah.jpg

Perempuan kelahiran Desember 1966 ini membuktikan, lagi-lagi prestasi kaum perempuan tidak kalah dengan kaum Pria. Penyuluhan yang identik dengan kerja dilapangan yang berpanas-panas ria tidak menyurutkan semangat Ibu yang satu ini.

Penyuluh Pertanian Muda ini berdomisili di Logandeng Sumberrejo, Semin, Gunungkidul, dan berkantor di Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Kab. Gunungkidul.


4.GAPOKTAN SIDOMULYO ( GAPOKTAN BERPRESTASI)

Gapoktan Sidomulyo merupakan gapoktan yang sudah tidak diragukan lagi prestasinya, usahanya sudah berkembang dalam pemasaran beras.

Diwakili oleh Bapak Jumeni akan menerima penghargaan Gapoktan berprestasi di Istana Negara,
Gapoktan yang beralamat di Sidomulyo, Godean Sleman ini sering kali ini menjadi tempat untuk studi banding dari Gapoktan lain.


5. UP-FMA TERONG (UP-FMA BERPRESTASI )

TERO3.jpg

Menjadi UP-FMA berprestasi tidak membuat UP-FMA terong besar kepala, Diwakili oleh Bapak Sukamdan Gapoktan ini memberikan alasan; tanpa peran serta aktif anggota UP-FMA Terong maka prestasi ini tidak akan tercapai, juga peran pembinaan dari Kepala Desa yang sangat konsisten membangun Desa Terong.
Nikimon menjadi Trade Mark Terong, Bantul.

Atas Prestasi tersebut Pemerintah mengapresiasi dengan mengundang yang bersangkutan untuk mengikuti Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun RI ke-66 di Istana Negara bersama Presiden RI, serta memperoleh penghargaan dan hadiah dari Kementerian Pertanian RI

Mudah-mudahan atas semua prestasi yang dicapai tersebut dapat menjadi pemacu semangat dan memberikan inspirasi bagi yang belum mencapainya. Penghargaan bukanlah tujuan dari sebuah cita-cita dan perjuangan.. penghargaan hanyalah pengakuan atas prestasi kerja yang secara formal yang tidak bisa diberikan kepada semua pihak, oleh karena itu bagi kelompok/petani, yang belum memperoleh penghargaan janganlah menjadi lemah justru ini menjadi pemacu semangat, masih ada banyak kesempatan, tetaplah berkarya untuk bangsa ini !! (yz_kp_0811)

Lainnya :
*
PENYUSUNAN PROGRAMA PENYULUHAN PERTANIAN TINGKAT DIY
Bidang Koordinasi Penyuluhan
Oleh : Andi Bagus | 05-11-2018 |
*
Penyuluh Bersemangat dalam Mengikuti Bimtek Materi Penyuluhan
Bidang Koordinasi Penyuluhan
Oleh : Andi Bagus | 20-07-2018 |
*
Sinkronisasi dan Koordinasi Kegiatan Penyuluhan Pertanian Tingkat DIY
Bidang Koordinasi Penyuluhan
Oleh : Andi Bagus | 10-04-2018 |
*
TEMU TUGAS PENYULUH, MENDUKUNG SUKSES SWASEMBADA PANGAN DI DIY
Bidang Koordinasi Penyuluhan
Oleh : Andi Bagus | 28-02-2018 |
*
PEMBINAAN DAN EVALUASI THL TBPP DIY TAHUN 2017
Bidang Koordinasi Penyuluhan
Oleh : Andi Bagus | 25-10-2017 |

Beranda Bidang Koordinasi Penyuluhan