Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
FGD Ketersediaan Pangan Menjelang Idul Fitri
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Admin | 02-05-2012 |

Dalam jangka waktu yang relatif dekat, Hari Raya Idul Fitri akan dirayakan oleh segenap masyarakat DIY yang beragama Islam. Fenomena yang umum terjadi pada masa menjelang lebaran diantaranya kenaikan harga-harga bahan pokok yang didorong oleh masyarakat yang membeli produk dalam jumlah lebih banyak. Kenaikan ini akan menyebabkan sebagian masyarakat golongan menengah ke bawah tidak mampu untuk membeli barang kebutuhan pokok. Oleh karena itu, pada tanggal 23 Agustus 2011 Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Propinsi DIY menyelenggarakan acara FGD Ketersediaan Pangan Menjelang Idul Fitri yang bertujuan untuk mendiskusikan permasalahan yang muncul di masyarakat terkait penyediaan pangan serta perubahan harga barang menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Acara dilaksanakan di Ruang Rapat Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Provinsi DIY diikuti sebanyak 35 orang peserta terdiri dari Bulog Divre Yogyakarta, BPS propinsi/kabupaten, Dinas Kehutanan dan Perkebunan propinsi/kabupaten, Dinas Kelautan dan Perikanan propinsi/ kabupaten, Dinas Pertanian dan Peternakan propinsi/kabupaten, Disperindagkop propinsi/ kabupaten, serta instansi-instansi teknis terkait tingkat provinsi maupun kabupaten dan distributor.

Pembicara yang menyampaikan materi adalah Dinas Pertanian Propinsi DIY, Dinas Kehutanan dan Perkebunan Propinsi DIY dan Disperindagkop dan UKM Propinsi DIY. Sedangkan narasumber yang mengulas materi adalah Ir. Achmad Kasiyani, MSc. Materi yang dibahas yaitu pengaruh harga barang serta penyediaan untuk beberapa komoditas bahan pangan pokok yang menjadi kebutuhan masyarakat DIY menjelang Idul Fitri yaitu beras, bawang merah, cabe merah, kacang tanah, daging sapi, daging ayam, telur ayam, gula pasir, dan minyak goreng.

Hasil dari FGD menyimpulkan bahwa dibandingkan dengan jumlah yang dibutuhkan masyarakat menjelang Idul Fitri, ketersediaan sebagian bahan pangan pokok mengalami surplus diantaranya beras surplus 13.602 ton, cabe besar & cabe rawit surplus 4.031 ton, surplus telur ayam 2.389 ton, surplus daging 5.186 ton, surplus susu 456.766 kg. Oleh karena itu, masyarakat DIY dihimbau untuk membeli bahan pangan pokok sesuai dengan kebutuhan rumah tangga, tidak perlu dalam jumlah yang berlebihan karena mengkhawatirkan ketersediaan bahan-bahan pokok tersebut. Hal ini untuk menjaga agar harga-harga menjelang lebaran tidak melonjak naik dan masyarakat menengah ke bawah bisa ikut turut serta merasakan kegembiraan di Hari Raya Besar Islam yang Suci nan Fitri ini.

Lainnya :
*
Kunjungan Ke Lokasi Lumbung Pangan Masyarakat Sumatera Barat
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Admin | 16-08-2018 |
*
BKPP DIY Selenggarakan Lomba Desa Mandiri Pangan Tahun 2018
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 26-07-2018 |
*
Sosialisasi Desa Mandiri Pangan 2018
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 17-07-2018 |
*
Pembahasan Lomba Desa Mandiri Pangan 2018
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 25-05-2018 |
*
BKPP DIY Kembangkan Kawasan Rumah Pangan Lestari
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 26-02-2018 |

Beranda Bidang Ketersediaan Pangan