Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Pembinaan Untuk Persiapan Penilaian Penghargaan Adikarya Pangan Nusantara Tahun 2011 Di Kelompok Lumbung Berprestasi
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Admin | 02-05-2012 |

Yogyakarta (08-09-2011) ­–

Tim dari Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Provinsi DIY, yang terdiri dari Bidang Ketersediaan Pangan, Bidang Distribusi Pangan, Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan dan Sekretariat melakukan pembinaan di Kelompok Lumbung Pangan berprestasi, Kelompok Ngudi Makmur, Dusun Gangsiran, Desa Madurejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman.

Kelompok Lumbung ini merupakan Kelompok Lumbung yang meraih juara pertama dalam penghargaan pangan ketahanan pangan tingkat provinsi, sehingga berhak mewakili Provinsi DIY ke tingkat nasional dalam Penilaian Penghargaan Adikarya Pangan Nusantara Tahun 2011.

Selain Tim dari BKPP Provinsi DIY, hadir juga Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Sleman, perwakilan dari Bagian Perekonomian Kecamatan Prambanan, Kepala Desa Madurejo, dan Ketua Kelompok Lumbung Pangan yang meraih penghargaan ketahanan pangan tahun 2010.Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Sleman, Ir. S. Riyadi Martoyo, MM menekankan bahwa untuk bisa menjadi juara di tingkat nasional Kelompok Lumbung Pangan harus mampu memanfaatkan Lumbung Pangan untuk kesejahteraan anggota dan masyarakat sekitarnya. Selain itu penilaian juga dilihat dari sisi kelengkapan administrasi dan kekompakan antar anggota kelompok. Dalam kesempatan ini, Ir. S. Riyadi Martoyo, MM juga menyerahkan uang pembinaan kepada kelompok Lumbung Ngudi Makmur sebagai bentuk dukungan untuk mengikuti Adikarya Pangan Nusantara Tahun 2011.

Tidak jauh berbeda dengan Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Sleman, Kepala BKPP Provinsi DIY, Ir. Asikin Chalifah juga memberikan pengarahan agar Kelompok Lumbung bisa lebih siap dalam menghadapi penilaian oleh juri dari di tingkat nasional. Ir. Asikin Chalifah menekankan bahwa Lumbung Pangan haruslah memiliki fungsi ekonomi disamping fungsi sosial. Dengan berfungsinya Lumbung Pangan dalam aspek ekonomi, maka diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat di sekitarnya. Ir. Asikin Chalifah juga menghimbau kepada pengelola Lumbung Pangan untuk tidak hanya mengisi Lumbung dengan beras atau gabah, namun juga dengan pangan lokal sesuai dengan potensi yang ada di Madurejo.

Berbagai saran dari diberikan oleh Tim BKPP DIY untuk Kelompok Lumbung Ngudi Makmur, dengan harapan Kelompok Ngudi Makmur mampu menjadi juara dalam Penghargaan Adikarya Pangan Nusantara Tahun 2011. (tiaz)

Lainnya :
*
Kunjungan Ke Lokasi Lumbung Pangan Masyarakat Sumatera Barat
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Admin | 16-08-2018 |
*
BKPP DIY Selenggarakan Lomba Desa Mandiri Pangan Tahun 2018
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 26-07-2018 |
*
Sosialisasi Desa Mandiri Pangan 2018
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 17-07-2018 |
*
Pembahasan Lomba Desa Mandiri Pangan 2018
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 25-05-2018 |
*
BKPP DIY Kembangkan Kawasan Rumah Pangan Lestari
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 26-02-2018 |

Beranda Bidang Ketersediaan Pangan