Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Wagub DIY: Pangan Lokal Masih Rendah Pemanfaatannya
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Admin | 02-05-2012 |

Yogyakarta – Wakil Gubernur DIY, Paku Alam IX, dalam kesempatan pembukaan acara “Pesta Pangan Asli Indonesia dalam rangka Hari Pangan Sedunia XXXI” yang digelar di Benteng Vredeburg (30/9) dan diprakarsai oleh BKPP Provinsi DIY, menyampaikan bahwa dalam rangka mendorong terwujudnya kemandirian pangan nasional, penganekaragaman konsumsi pangan secara langsung dapat mengurangi ketergantungan konsumen pada satu jenis pangan tertentu.

“Penganekaragaman konsumsi pangan akan memberi dorongan dan insentif pada penyediaan produk pangan yang lebih beragam dan aman dikonsumsi. Dari sisi produksi, penganekaragaman konsumsi pangan akan meminimalkan resiko produksi yang monokultur, meredam gejolak harga, mengurangi gangguan kehidupan biota di suatu kawasan, meningkatkan pendapatan petani dan menunjang pelestarian sumberdaya alam serta peningkatan peran swasta dan pemerintah daerah untuk menstimulasi pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru di pedesaan dan yang lebih penting dapat mendorong terwujudnya kemandirian pangan nasional” ungkap Paku Alam IX.

Hampir semua wilayah di Provinsi DIY tersedia bahan pangan lokal, khususnya umbi-ubmbian yang cukup banyak jumlah dan ragamnya. Selain itu masih mempunyai peluang untuk dikembangkan karena potensi wilayah masih cukup memungkinkan.

Walaupun upaya untuk meningkatkan citra pangan local telah dilakukan diantaranya melalui kerjasama dengan perguruan tinggi, namun pada saat ini pangan lokal khususnya umbi-umbian sebagai sumber karbohidrat non beras ini masih rendah dalam pemanfaatannya oleh masyarakat. Hal ini ikut dipicu oleh persepsi keliru di masyarakat bahwa “belum makan kalau belum makan nasi”, selain itu ada anggapan bahwa umbi-umbian atau makanan lokal yang lain sebagai pangan inferior. Disamping itu tren life style yang salah kaprah berkembang di masyarakat bahwa sebagai symbol modernisasi adalah mengkonsumsi aneka pangan olahan berbahan dasar terigu. Ini tercermin dari semakin meningkatnya konsumsi terigu dari tahun ke tahun.

Di sisi lain, konsumsi pangan masyarakat masih belum berimbang dalam menentukan menu yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin, danmineral yang diperlukan tubuh. Hal ini selain factor utama ekonomi juga karena belum adanya pemahaman masyarakat mengenai kaidah pola makan 3BA (beragam, bergizi, berimbang, dan aman).

Untuk membangun pemahaman dan minat masyarakat dalam penerapan pola makan 3BA berbasis pangan lokal memerlukan waktu dan upaya yang terus-menerus dalam kegiatan sosialisasi, pembinaan, edukasi, dan pemberdayaan. Dalam rangka sosialisasi tersebut diantaranya dilakukan melalui pameran aneka produk pangan lokal, dengan maksud agar masyarakat dapat mengenal berbagai macam perkembangan makanan olahan lokal yang bernilai gizi tinggi sehingga dapat mendorong peningkatan preferensi pangan masyarakat yang beragam, bergizi, berimbang, dan aman yang berasal dari bahan pangan di sekitar kita.

Penyelenggaraan pameran diversifikasi pangan asli Indonesia yang diprakarsai oleh Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Provinsi DIY ini sangatlah tepat dilakukan sebagai upaya promosi dan penyebaran informasi serta edukasi kepada masyarakat luas tentang pemahaman program penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumberdaya lokal dan pemahaman secara umum tentang pentingnya pangan bagi kehidupan manusia.

Lainnya :
*
Penerimaan Hibah KRPL Tahun 2018
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 09-07-2018 |
*
Kunjungan Special Reporter (SR) Dewan Hak Azasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (HAM PBB) ke Kulon Progo
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 16-04-2018 |
*
Diseminasi Perda - Pergub Penjaminan Mutu dan Keamanan PSAT di Daerah Suplier
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 30-10-2017 |
*
BKPP DIY Sosialisasikan HET Beras
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 27-10-2017 |
*
BKPP DIY Lakukan Pemantauan Mutu Beras
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 19-10-2017 |

Beranda Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan