Logo DIY
PEMERINTAH DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
Bimbingan Teknis Penyusunan Ketersediaan dan Kebutuhan Pangan
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Gama |


Arah Pembangunan Ketahanan Pangan adalah  mewujudkan kemandirian pangan yg mampu menjamin ketersediaan pangan di tingkat Nasional, Daerah hingga rumah tangga selain itu juga menjamin konsumsi pangan yang cukup, aman, bermutu, bergizi dan seimbang di tingkat rumah tangga sepanjang waktu melalui pemanfaatan sumberdaya dan budaya lokal, teknologi inovatif dan peluang pasar, peningkatan ekonomi kerakyatan dan pengentasan kemiskinan.

Neraca Bahan Makanan adalah suatu bentuk tabel yang terdiri dari kolom-kolom yang memuat berbagai informasi berupa data tentang situasi dan kondisi penyediaan bahan pangan, mulai dari data produksi, pengadaan serta perubahan-perubahan yang terjadi hingga suatu komodidas tersedia untuk dikonsumsi oleh penduduk suatu daerah/negara dalam satu kurun waktu tertentu. Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan wawasan petugas penyusun NBM, BKPP DIY menyelenggarakan Bimbingan Teknis Penyusunan Ketersediaan dan Kebutuhan Pangan yang dilaksanakan selama 4 hari yaitu mulai hari Senin sampai Kamis tanggal 11 sampai 14 Februari 2013 di Hotel Arjuna Ruang Yudistira. 

Acara berlangsung dari jam 08.30 WIB dan berakhir pada jam 15.45 WIB. Acara dihadiri oleh staff / petugas baik provinsi maupun kabupaten yang terkait. Peserta Bimbingan Teknis Penyusunan Ketersediaan dan Kebutuhan Pangan sejumlah 35 orang. Narasumber dan Pembicara dalam acara Bimbingan Teknis Penyusunan Ketersediaan dan Kebutuhan Pangan berasal dari Biro Perekonomian dan Setda DIY, Bappeda DIY, Kepala BKPP DIY, Kepala Bidang Ketersediaan Pangan, Kasubbid Kebutuhan Pangan serta staf BKPP DIY.

Materi – materi yang disampaikan dalam acara Bimbingan Teknis Penyusunan Ketersediaan dan Kebutuhan Pangan diantaranya Penyusunan NBM, Metodologi Penyusunan NBM, Penyusunan Analisis Pola Panen Bulanan, Penyusunan Analisis Hari Besar Keagamaan Nasional, Penyusunan Angka Kecukupan Gizi (AKG) serta praktek analisis.

Sekarang ini NBM DIY disusun oleh BKPP dengan membentuk tim yang melibatkan beberapa instansi terkait seperti : BKPP, Bappeda, Biro Perekonomian, Dinas Pertanian, Dinas Kehutanan dan Perkebunan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dishubkominfo, Disperindagkop dan UKM, Bulog Divre DIY, PG. Madubaru, Lurah – lurah Pasar serta melibatkan petugas Koperasi Buah Pasar Gamping (Gemah Ripah).

Penyusunan NBM Disusun sebanyak 2 kali dalam satu tahun, yaitu NBM sementara dan NBM Tetap. Disamping itu juga disusun data ketersediaan pangan bulanan menggunakan metode seperti metode NBM, namun baru terbatas beberapa komoditas, seperti padi dan palawija, sedangkan data peternakan masih data triwulanan dan data perikanan tiap semester. Hal ini terkait dengan data ketersediaan dari Dinas/ Instansi terkait. Selain NBM BKPP juga menyusun Analisis Pola Panen Bulanan untuk komoditi padi palawija berdasarkan Angka Prognosa, Angka Ramalan I dan Angka Ramalan II serta prognosa permintaan bahan pangan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN).

Secara konseptual, sistem pertahanan pangan dapat dilihat dari tiga komponen, yaitu produksi, distribusi serta konsumsi pangan.  Dalam hal memenuhi konsumsi pangan, yang beragam, bergizi dan berimbang, ketersediaan pangan juga harus memenuhi syarat terpenuhinya kecukupan gizi serta keberagamannya. Selama ini pangan yang tersedia baru mencukupi dari segi jumlah dan belum memenuhi keseimbangan yang sesuai dengan norma gizi.  

Lainnya :
*
KETERSEDIAAN PANGAN HARI BESAR KEAGAMAAN NASIONAL MENJELANG IDUL FITRI
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Admin Sekretariat |
*
Bimbingan Teknis Pengelolaan Lumbung Pangan
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Admin Sekretariat |
*
EKSPOSE NERACA BAHAN MAKANAN TH 2013
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Admin Sekretariat |
*
PERAN ,TUJUAN DAN USAHA LEMBAGA KEUANGAN DESA
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Admin Sekretariat |
*
Sinkronisasi Desa Mandiri Pangan
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Gama |

Index Bidang Ketersediaan Pangan