Logo DIY
PEMERINTAH DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
Rapat Kerja (RAKER) Dewan Ketahanan Pangan Daerah DIY Tahun 2013
Berita BKPP
Oleh : Admin |

Seperti dimaklumi, dengan telah diterbitkannya Keputusan Gubernur DIY Nomor 434/KEP/2012 tentang Penetapan 8 (delapan) Desa Percontohan Pengurangan Kemiskinan dan Kerawanan Pangan di Daerah Istimewa Yogyakarta yang kemudian diikuti pelaksanaan Survey Data Dasar Rumah Tangga (DDRT) dan Sasaran RumahTangga (SRT) serta dimulainya berbagai kegiatan intervensi dari berbagai SKPD/Instansi Vertikal, Lembaga/Organisasi Kemasyarakatan dan Perguruan Tinggi pada awal tahun 2013 di 8 desa percontohan, menunjukkan bahwa Program/kegiatan Desa Percontohan Pengurangan Kemiskinan dan Kerawanan Pangan memiliki daya tarik tersendiri untuk digunakan sebagai sarana pemberdayaan masyarakat dalam mengurangi kemiskinan dan kerawanan pangan.

Sementara itu, dipihak lain program pengurangan kemiskinan di Daerah Istimewa Yogyakarta juga sedang dilaksanakan oleh Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD). Apabila tidak ada koordinasi dan sinkronisasi sejak perencanaan sampai di tingkat pelaksanaan, kemungkinan di lokasi akan terjadi tumpang tindih, di satu sisi ada penerima manfaat menerima dobel dari 2 program di lain sisi ada keluarga miskin yang tidak menerima manfaat program sama sekali.

Oleh karena itu perlu disusun Panduan Pelaksanaan Program Desa Percontohan Pengurangan Kemiskinan dan Kerawanan Pangan yang sinkron dengan program pengurangan kemiskinan yang sudah ada sebelumnya. Sehubungan dengan hal tersebut di atas dan untuk memperoleh kesepakatan bersama dalam penyusunan panduan pelaksanaan program yang dapat digunakan bersama oleh berbagai pihak dalam mengurangi kemiskinan dan kerawanan pangan, maka Dewan Ketahanan Pangan Daerah DIY menyelenggarakan kegiatan Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) tahun 2013.

Kegiatan Rapat Kerja (RAKER) Dewan Ketahanan Pangan Daerah DIY tahun 2013 yang dilaksanakan pada hari Rabu, 26 Juni 2013 selama 1 (satu) hari, dimulai pukul 08.30 WIB, bertempat di University Club UGM (UC), Jl. Pancasila Nomor 2 Bulaksumur, Yogyakarta dengan dihadiri puluhan peserta yang terdiri dari Instansi / Lembaga Kemasyarakatan / LSM anggota Dewan Ketahanan Pangan Daerah DIY, Kelompok Kerja Ahli dan Kelompok Kerja Teknis Dewan Ketahanan Pangan Daerah DIY, serta Ketua dan Sekretaris Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten / Kota se Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sedangkan Narasumber yang dihadirkan antara lain adalah :

  1. Gubernur DIY selaku Ketua DKP Daerah DIY sebagai "Keynote Speaker"
  2. Kepala Bappeda Provinsi DIY, dengan materi "Sistem Penanganan Pengurangan Kemiskinan Daerah oleh Tim Koordinasi Pengurangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) DIY".
  3. Ketua Kelompok Kerja Ahli DKP Daerah DIY, Bapak Dr. Ir. A. Kasiyani, M.Sc. dengan materi "Panduan Pelaksanaan Program/Kegiatan Desa Percontohan Pengurangan Kemiskinan dan Kerawanan Pangan di DIY"
  4. Anggota Kelompok Kerja Ahli DKP Daerah DIY, Bapak Dr. Ir. Didiet Heru Swasono, MP. dengan materi "Hasil Sidang Regional DKP Wilayah Barat Indonesia se Sumatra-Jawa Tahun 2013, sebagai bahan menyusun kebijakan DKP Daerah DIY".

Sebagai pemandu Rapat Kerja Dewan Ketahanan Pangan Daerah DIY adalah Bapak Sarijo selaku anggota Kelompok Kerja Ahli. 

Lainnya :
*
PAMITAN
Berita BKPP
Oleh : Admin Sekretariat |
*
KUNJUNGAN BKP MINAHASA
Berita BKPP
Oleh : Admin Sekretariat |
*
JUMPA PERS ANTARA KABAN DENGAN HUMAS PEMDA
Berita BKPP
Oleh : Admin Sekretariat |
*
SAMBUTAN DAN PENGARAHAN KEPALA BADAN
Berita BKPP
Oleh : Admin Sekretariat |
*
PENGELOLAAN CADANGAN PANGAN " JUGA ADA PEDUMNYA "
Berita BKPP
Oleh : Andi Bagus |

Index Berita BKPP