Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
OPERASI NON YUSTISI PENGAWAS MUTU HASIL PERTANIAN DI KABUPATEN BANTUL
PMHP News
Oleh : Gamma | 07-07-2015 |

Undang-Undang No. 18 Tahun 2012 tentang Pangan telah mengamanatkan bahwa pemerintah perlu mengupayakan tersedianya pangan yang aman dan bermutu bagi masyarakat. Oleh karena itu, pengawasan terhadap peredaran produk pangan yang beredar di pasaran menjadi salah satu langkah pemerintah untuk melaksanakan amanat undang-undang tersebut.

Terkait dengan hal itu, pada tanggal 6 sampai dengan 8 Juli 2015, tim Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Pengawas Mutu Hasil Pertanian BKPP DIY melakukan Operasi Non Yustisi bersama Satpol PP DIY, Disperindagkop dan UKM DIY, Balai Metrologi DIY, Satpol PP Kabupaten Bantul, serta BPOM. Kegiatan yang dilakukan adalah melakukan pengawasan dan pengujian kandungan bahan berbahaya terhadap produk pangan baik pangan segar maupun olahan. Lokasi pengawasan difokuskan di pasar-pasar tradisional yang berada di wilayah Kabupaten Bantul.

Hasil pengujian kandungan bahan berbahaya menggunakan rapid test kit memberikan hasil bahwa masih terdapat beberapa produk pangan yang beredar di pasaran yang terdeteksi positif mengandung bahan berbahaya, seperti formalin dan Rhodamin B. Bahan berbahaya tersebut terdeteksi di produk pangan antara lain pada produk teri nasi, mie basah, dan cendol merah.

Tim Operasi Non Yustisi menghimbau kepada pelaku usaha yang menjual produk pangan yang positif mengandung bahan berbahaya tersebut diminta untuk segera menarik produk tersebut dari peredaran, dan tidak lagi membeli produk tersebut dari asal pembeliannya. Sedangkan kepada masyarakat diharapkan agar berhati-hati apabila menjumpai produk pangan yang mencurigakan, senantiasa aktif dalam mencari informasi tentang bagaimana mengenali ciri-ciri produk pangan yang membahayakan kesehatan, serta apabila perlu segera melaporkan kepada pihak pengelola pasar apabila menemukan produk pangan yang tidak memenuhi persyaratan mutu dan keamanan pangan.

Lainnya :

Beranda PMHP News