Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Pengawasan Pangan Yang Beredar Dalam Bulan Romadhon 1437 H Di Kabupaten Bantul
OKKPD News
Oleh : Sekretariat | 24-06-2016 |

Salah satu tugas pokok dan fungsi dari BKPP DIY adalah melakukan pemantauan terhadap pangan yang beredar bagi masyarakat agar senantiasa dalam kondisi cukup, aman dan bermutu. Dalam rangka melaksanakan tugas tersebut, maka tim dari BKPP DIY yang terdiri dari Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan serta Pengawas Mutu Hasil Pertanian melakukan pengawasan terhadap keamanan pangan yang beredar di masyarakat. Kegiatan pengawasan dilakukan di beberapa pasar tradisional dan supermarket di wilayah Kabupaten Bantul. Kegiatan ini dilakukan selama 3 hari, mulai dari tanggal 21 sampai dengan tanggal 23 Juni 2016.

Dalam kegiatan ini, tim melakukan pengawasan dan pengujian kandungan bahan berbahaya terhadap produk pangan baik pangan segar maupun olahan. Produk pangan yang diambil sampelnya diantaranya produk buah-buahan, sayur-sayuran, dan produk pangan olahan yang sering menjadi konsumsi sebagian besar masyarakat di DIY. Setelah dilakukan pengambilan sampel di lokasi pasar, maka dilakukan kegiatan pengujian sampel. Metode pengujian yaitu menggunakan rapid test kit untuk mengetahui apakah sampel produk pangan memiliki kandungan formalin, boraks, Rhodamin B, Metanil Yellow, residu pestisida dan logam berat. Apabila produk pangan segar terdeteksi positif mengandung residu pestisida, maka produk tersebut akan diuji lebih lanjut di laboratorium terakreditasi untuk diketahui seberapa besar residu pestisida yang terkandung dalam produk tersebut.

Hasil pengujian menunjukkan hasil bahwa masih ada beberapa produk pangan yang beredar di pasar tradisional dan supermarket yang terdeteksi positif mengandung bahan berbahaya, yaitu formalin dan boraks. Bahan berbahaya tersebut terdeteksi di produk pangan yaitu pada produk kurma, mie kuning, cincau, mie lethek, kerupuk, dan krecek.Kegiatan pengawasan ini akan terus dilakukan di wilayah kabupaten/kota lainnya, dan akan diintensifkan terutama selama bulan Romadhon. Dengan banyaknya pilihan makanan yang dijajakan selama bulan puasa, diharapkan agar masyarakat lebih berhati-hati dalam memilih pangan yang aman dan sehat.

Lainnya :
*
OKKPD DIY Gelar Sidang Keputusan Surveilen bagi 4 Kelompok Tani
OKKPD News
Oleh : Sekretariat | 16-11-2016 |
*
Bimbingan Teknis (Bimtek) Audit Internal OKKP-D
OKKPD News
Oleh : Sekretariat | 16-08-2016 |
*
OKKP-D DIY kembali Loloskan Sertifikat Prima 3
OKKPD News
Oleh : Sekretariat | 09-08-2016 |
*
Pelatihan Petugas Pengawas Keamanan Pangan Segar
OKKPD News
Oleh : Sekretariat | 22-07-2016 |

Beranda OKKPD News