Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
INSPEKSI REGISTRASI PD (PRODUK DOMESTIK) DI GAPOKTAN WIDODO MANUNGGAL, SLEMAN
OKKPD News
Oleh : Sekretariat | 18-07-2016 |

Peraturan Gubernur No. 22 tentang Pedoman Penjaminan Mutu Pangan Segar Asal Tumbuhan yang disahkan tanggal 20 April 2016 telah mengamanatkan bahwa produk pangan segar asal tumbuhan yang beredar di dalam DIY wajib melakukan pendaftaran sertifikat mutu. Sertifikat mutu tersebut hanya diterbitkan secara resmi oleh Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah sebagai lembaga sertifikasi di tingkat pemerintah. Untuk menerbitkan sertifikat tersebut, salah satu tahapan yang harus dilalui adalah inspeksi terhadap pelaku usaha yang mengajukan pendaftaran.

Terkait dengan hal itulah, maka tim OKKP-D DIY melakukan inspeksi lapangan dalam rangka Registrasi PD. Pelaku usaha yang diinspeksi kali ini adalah Gapoktan Widodo Manunggal yang beralamat di Widodomartani, Ngemplak, Sleman. Gapoktan tersebut mengajukan pendaftaran untuk hasil produksinya yaitu beras putih. Inspeksi dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal 13-15 Juli 2016. Dasar acuan pelaksanaan kegiatan ini yaitu Permentan No. 51 Tahun 2008 tentang Syarat dan Tatacara Pendaftaran Pangan Segar Asal Tumbuhan. Parameter yang menjadi penilaian inspeksi diantaranya yaitu  sanitasi lingkungan pabrik, sarana pengolahan, ruang pengolahan, alat pengolahan, higiene karyawan, pencegahan kontaminasi silang, pengadaan air serta tindakan pengawasan mutu.

Selain dilakukan inspeksi lapangan, dilakukan juga pengambilan sampel terhadap produk beras yang diproduksi pelaku usaha. Pengambilan sampel ini bertujuan untuk melakukan pengujian kandungan residu pestisida dan logam berat yang kemungkinan dikandung dalam produk tersebut. Hasil inspeksi lapangan dan hasil uji laboratorium tersebut kemudian akan disampaikan dalam sidang komisi teknis sebagai dasar untuk memutuskan apakah pelaku usaha tersebut layak mendapatkan sertifikat mutu atau tidak. Melalui beberapa tahapan inilah, produk yang diterbitkan sertifikatnya oleh OKKP-D mendapatkan jaminan mutu dan dinyatakan aman dikonsumsi. Diharapkan dengan kegiatan registrasi ini, akan dapat menjamin keamanan dan mutu serta meningkatkan daya saing pangan segar asal tumbuhan yang beredar di DIY.

Lainnya :
*
OKKPD DIY Gelar Sidang Keputusan Surveilen bagi 4 Kelompok Tani
OKKPD News
Oleh : Sekretariat | 16-11-2016 |
*
Bimbingan Teknis (Bimtek) Audit Internal OKKP-D
OKKPD News
Oleh : Sekretariat | 16-08-2016 |
*
OKKP-D DIY kembali Loloskan Sertifikat Prima 3
OKKPD News
Oleh : Sekretariat | 09-08-2016 |
*
Pelatihan Petugas Pengawas Keamanan Pangan Segar
OKKPD News
Oleh : Sekretariat | 22-07-2016 |

Beranda OKKPD News