Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
OKKPD DIY Gelar Sidang Keputusan Surveilen bagi 4 Kelompok Tani
OKKPD News
Oleh : Sekretariat | 16-11-2016 |

Kelompok Tani (KT) Mekarsari, KT Sido Arum, KT Waringin dan Gapoktan Karya Sejahtera adalah kelompok komoditas yang akan menempuh sidang keputusan surveilen pada hari ini tanggal 16 November 2016.

Dalam rangka menindaklanjuti permohonan pendaftaran Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) baik sertifikasi prima maupun registrasi PD, OKKPD DIY melakukan audit ke kelompok tani/pelaku usaha pemohon.  Kegiatan audit meliputi audit dokumen/administrasi, audit Good Agricultural Practices (GAP) pada permohonan sertifikasi prima, audit Good Manufacturing Practices (GMP) pada permohonan registrasi PD dan juga pengambilan sampel produk yang selanjutnya diujikan di laboratorium. Hasil audit dan hasil pengujian produk kemudian diseminarkan di depan komisi teknis untuk diambil keputusan apakah permohonan dapat diloloskan atau tidak.

Kelompok Tani,  Sido Arum, Wonokerto, Turi, Sleman  dengan komoditas Cabe Merah melakukan permohonan pendaftaran untuk memperoleh Sertifikat PRIMA 3 untuk meningkatkan kualitas produk hasil pertanian dan kepercayaan masyarakat terhahadap produk pertanian nasional. Dari hasil inspeksi yang dilakukan oleh tim OKKPD DIY pada  tanggal 9-14 September  2016 memenuhi syarat mendapatkan Sertifikat PRIMA 3.

“KT. WARINGIN” dengan alamat di Tangkilan, Sidorarum, Godean, Sleman, DIY dengan komoditas beras.  KT Waringin memproduksi beras sehat dengan merk dagang “RAHARJA” mendaftar registrasi PD untuk beras IR 64, agar beras yang diproduksinya mempunyai sertifikat jaminan keamanan pangan, sehingga dapat mendukung pemasarannya. Hasil inspeksi menunjukkan masih adanya temuan yang harus segera diperbaiki. Tim OKKPD DIY meloloskan sementara selama 6 (enam) bulan untuk mendapatkan Registrasi PD dan dalam jangka waktu setelah itu harus dilakukan surveilen ulang.

Gapoktan Karya Sejahtera Jatisarono, Nanggulan, Kulonprogo Komoditas Beras Sehat. Kali ini Tim OKKPD DIY tidak meloloskan permohonan pendaftaran Registrasi PD dikarenakan banyaknya temuan yang kurang memenuhi syarat. Untuk itu perlu adanya penundaan dan surveilen ulang.

Hal yang sama juga dilakukan Penundaan permohonan Pendaftaran Registrasi PD bagi Kelompok Tani Mekarsari, Gegunung, Sendangsari, Pengasih, Kulonprogo. Metode inspeksi yang dilakukan yakni dengan Pemeriksaan Kelengkapan Dokumen, Wawancara, Pemeriksaan Lapangan, Pengambilan Contoh Produk, dan Uji Laboratorium Contoh di Laboratorium Terakreditasi KAN (LPPT UGM) menunjukkan adanya temuan dari asil Uji Laboratorium sehingga masih perlu ditunda selama 6 (enam) bulan untuk meloloskan permohonan Registrasi PD.

Lainnya :
*
Bimbingan Teknis (Bimtek) Audit Internal OKKP-D
OKKPD News
Oleh : Sekretariat | 16-08-2016 |
*
OKKP-D DIY kembali Loloskan Sertifikat Prima 3
OKKPD News
Oleh : Sekretariat | 09-08-2016 |
*
Pelatihan Petugas Pengawas Keamanan Pangan Segar
OKKPD News
Oleh : Sekretariat | 22-07-2016 |

Beranda OKKPD News