Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
WORKSHOP EVALUASI KINERJA DKP DAERAH DIY TH 2016
Sekretariat
Oleh : Sekretariat | 20-12-2016 |

Sekretariat Dewan Ketahanan Pangan Daerah (DKP) DIY Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) DIY menyelenggarakan kegiatan “Workshop Evaluasi Kinerja DKP DIY Tahun 2016” pada tangga 14 Desember 2016 di Gedung Unit IX Kompleks Kepatihan Yogyakarta. Tugas dan fungsi Dewan Ketahanan Pangan (DKP) Daerah DIY tersebut diimplemantasikan melalui berbagai kegiatan, seperti : monitoring program ketersediaan, distribusi dan penganekaragaman konsumsi pangan yang dilaksanakan oleh SKPD–SKPD tingkat DIY maupun tingkat Kabupaten/Kota, evaluasi melalui supervisi/kunjungan kerja ke DKP Kabupaten/Kota dan Penilaian Adhikarya Pangan Nusantara (APN), kajian terhadap efektivitas dan relevansi program ketahanan pangan yang tahun ini mengambil sub judul “Inisiasi Lokal untuk Pengendalian Laju Alih Fungsi Lahan”, workshop dan rapat kerja DKP, terlibat aktif mengikuti Rapat Kerja dan kegiatan–kegiatan yang diselenggarakan DKP Pusat, mengorganisasikan Program/Kegiatan Desa Percontohan Pengurangan Kemiskinan dan Kerawanan Pangan di 8 desa rawan pangan untuk tahun terakhir dari pelaksanaannya selama 4 tahun serta merancang terlaksananya Replikasi Model Program Desa Percontohan Pengurangan Kemiskinan dan Kerawanan Pangan dengan sasaran 12 desa di Kabupaten Bantul, Gunungkidul dan Kabupaten Kulonprogo.

Evaluasi kinerja Dewan Ketahanan Pangan Daerah DIY dimaksudkan untuk mengkaji apakah tugas dan fungsi telah dilaksanakan dengan baik, masih adakah kendala atau permasalahan dalam pelaksanaan kebijakan yang dikeluarkan, rencana perbaikan atau penyempurnaan pelaksanaan program/kegiatan kedepan dan masih perlukah kebijakan-kebijakan lain untuk peningkatan pembangunan ketahanan pangan di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dalam kesempatan ini, Ibu Sekretaris Daerah selaku Ketua Harian DKP Daerah DIY yang diwakili oleh Kepala BKPP DIY Ir. Arofa Noor Indriani, M. Si memberikan sambutan, pengarahan sekaligus membuka kegiatan workshop Evaluasi Konerja DKP Daerah DIY ini secara resmi. Dilanjutkan degan penyerahan bantuan penyelenggaraan bagi para Pemenang I di setiap Kategori  Adhikarya Pangan Nusantara Tingkat DIY Tahun 2016.

Acara selanjutnya adalah diskusi dipimpin oleh Moderator Dr. Ir. Didiet Heru Swasono, M.P. dengan narasumber Dr. Ir. Achmad Kasiyani, M.Sc. selaku Ketua Kelompok Kerja Ahli DKP Daerah DIY. Hasil yang diperoleh antara lain :

  1. Koordinasi lintas sektor dan internalisasi pemahaman program/kegiatan baik di tataran SKPD pengampu maupun masyarakat sasaran menjadi salah satu penentu keberhasilan implementasi pembangunan ketahanan pangan. 
  2. Pelaksanaan Rapat Kerja DKP Daerah DIY Tahun 2017 perlu dipercepat, di awal 2017 karena sangat diperlukan untuk membahas kerangka kebijakan pembangunan ketahanan pangan di DIY pasca perubahan SKPD pengampu ketahanan pangan di tingkat kabupaten/kota, sekaligus menyikapi PP RI Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah.
  3. Koordinasi terait operasional Replikasi Model Program Desa Percontohan Pengurangan Kemiskinan dan Kerawanan Pangan dengan sasaran 12 desa juga perlu segera dilaksanakan di awal tahun, salah satunya untuk mencermati panduan pelaksnaanya karena beberapa indikator keberhasilan yang perlu disesuaikan.

 

 

Lainnya :
*
PUNCAK ACARA PERINGATAN HARI PANGAN SEDUNIA XXXVII DIY TAHUN 2017
Sekretariat
Oleh : Andi Bagus | 12-09-2017 |
*
FGD Pengembangan Desa Percontohan
Sekretariat
Oleh : Sekretariat | 08-05-2017 |
*
Rapat Pengelolaan Website
Sekretariat
Oleh : Sekretariat | 13-04-2017 |
*
BKPP DIY GELAR RAKER PEMBANGUNAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
Sekretariat
Oleh : Sekretariat | 03-04-2017 |
*
Workshop Pembangunan Ketahanan Pangan 2017
Sekretariat
Oleh : Sekretariat | 10-03-2017 |

Beranda Sekretariat