Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Workshop Pembangunan Ketahanan Pangan 2017
Sekretariat
Oleh : Sekretariat | 10-03-2017 |

Kondisi perkembangan ekonomi di DIY mengalami peningkatan sejak tahun 2015, dan dilihat dari tahun ketahun persentase kemiskinan mengalami penurunan. Ini menjadi tantangan DIY untuk terus meningkatkan perkembangan ekonomi. Dalam hal ini, Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Daerah Istimewa Yogyakarta mengadakan pertemuan dalam rangka pembangunan ketahanan pangan di tahun 2017, Dewan Keamanan Pangan menumbuhkan 12 desa di 3 kabupaten rawan pangan.

Hal yang terpenting untuk intervensi ke desa rawan pangan adalah harus diketahuinya potensi desa tersebut, dengan melihat potensi sumber daya alam dan potensi sumber daya manusianya. Tanpa mengetahui potensi tersebut, dikhawatirkan kegiatan yang akan dilaksanakan menjadi tidak tepat sasaran. Oleh karena itu, perlu adanya kajian terkait pembangunan ketahanan pangan sehingga pertemuan tanggal 8 Maret 2017 diharapkan menghasilkan kesepakatan bersama untuk menentukan dijadikannya wilayah tertentu menjadi desa percontohan.

Terkait percepatan implementasi Perda No. 10 Tahun 2011 tentang PLP2B (Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan), Indonesia termasuk salah satu Negara dengan tingkat kelaparan serius di dunia dengan nilai Indeks Kelaparan Global (Global Hunger Index/GHI) sebesar 21,9 (IFPRI_International Food Policy Research Institute, 2016). Suatu Negara termasuk kategori dengan tingkat kelaparan serius apabila mendapat skor indeks GHI antara 20-34,4 & Negara dengan tingkat kelaparan mengkhawatirkan apabila mendapat skor 35-49,9. Pertemuan ini menjadi salah satu terobosan untuk Daerah Istimewa Yogyakarta dalam bidang ketahanan pangan.

Ada beberapa hal penting dalam pembangunan ketahanan pangan yang berimplikasi peningkatan kemampuan ekonomi, yaitu SDA, modal, teknologi dan inovasi. Koordinasi lintas sektor dan internalisasi pemahaman program / kegiatan baik di tataran SKPD pengampu maupun masyarakat sasaran menjadi salah satu penentu keberhasilan implementasi pembangunan ketahanan pangan.

Dalam pertemuan ini dihasilkan kesepakatan oleh pihak desa mengenai perlengkapan data dasar, potensi wilayah dan daya kebutuhan. Instansi vertikal dapat langsung mengintervensifikasi replikasi model desa percontohan menuju kedaulatan pangan dan kemandiirian pangan, sedangkan DKP daerah DIY dan DKP kabupaten akan memonitoring dan melakukan pembinaan di desa replikasi setahun sekali. Intervensi dilakukan selama 4 tahun mulai dari tahun  2017 sampai dengan 2020, dan SKPD anggota DKP daerah DIY dalam menginterpretasi sesuai dengan peraturan yang berlaku.


(Peserta Workshop)

 

 

 

Lainnya :
*
PUNCAK ACARA PERINGATAN HARI PANGAN SEDUNIA XXXVII DIY TAHUN 2017
Sekretariat
Oleh : Andi Bagus | 12-09-2017 |
*
FGD Pengembangan Desa Percontohan
Sekretariat
Oleh : Sekretariat | 08-05-2017 |
*
Rapat Pengelolaan Website
Sekretariat
Oleh : Sekretariat | 13-04-2017 |
*
BKPP DIY GELAR RAKER PEMBANGUNAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
Sekretariat
Oleh : Sekretariat | 03-04-2017 |
*
WORKSHOP EVALUASI KINERJA DKP DAERAH DIY TH 2016
Sekretariat
Oleh : Sekretariat | 20-12-2016 |

Beranda Sekretariat