Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Verifikasi UP - FMA Berprestasi Tahun 2010
Bidang Koordinasi Penyuluhan
Oleh : Admin | 01-05-2012 |

Bantul - Penyuluhan pertanian berperan penting dalam pengembangan kapasitas pelaku utama dan pelaku usaha. Salah satu metode pengembangan kapasitas pelaku utama dilakukan melalui pelaksanaan kegiatan penyuluhan yang dikelola oleh pelaku utama itu sendiri (Farmers Managed Extension Activites /FMA). Dalam metode FMA ini, pelaku utama dan pelaku usaha mengidentifikasi permasalahan dan potensi yang ada pada diri, usaha dan wilayahnya, kemudian merencanakan kegiatan belajarnya sesuai dengan kebutuhan mereka secara partisipatif, dalam rangka meningkatkan produktivitas usahanya guna peningkatan pendapatan dan kesejahteraan.

Foto 1. Sambutan resmi dari UP - FMA Margo Rukun


UP – FMA Margo Rukun yang terletak di Desa Wijirejo Kecamatan Pandak, merupakan salah satu desa lokasi UP – FMA di Kabupaten Bantul. Pada tahun 2010 ini, UP – FMA Margo Rukun diajukan sebagai wakil dari Provinsi D.I.Yogyakarta untuk penghargaan UP – FMA Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2010. Pengajuan didasarkan pada hasil penilaian yang telah dilakukan sebelumnya oleh tim penilai tingkat Provinsi yang terdiri dari Komisi Penyuluhan Provinsi dan BKPP DIY, pada UP – FMA berprestasi wakil tingkat Kabupaten. Dari 3 Kabupaten lokasi UP – FMA yaitu Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Bantul dan Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Bantul memperoleh hasil penilaian terbaik.

Pada tanggal 16 September 2010, dilaksanakan verifikasi dari Tim FEATI Pusat di UP – FMA Margo Rukun. Tim melakukan penilaian langsung pada lokasi pembelajaran yaitu di Kelompok Tani “Tani Rejo II” di Dusun Gesikan dan Kelompok Tani “Tani Makmur” di Dusun Kwalangan. Sedangkan acara utama dilaksanakan di Sekretariat UP – FMA Margo Rukun di Dusun Batikan. Sambutan dari masyarakat di lokasi verifikasi sangat baik, baik aparat dari dinas terkait maupun masyarakat setempat sangat antusias menyambut kedatangan tim verifikasi. Dalam acara tersebut, ditampilkanproduk-produk dari hasil pembelajaran, baik berupa olahan pangan, produk pertanian, dan peternakan. Di samping itu tim juga disambut dengan kesenian tradisional Lesung dan Pek-Bung yang menjadi ciri khas desa tersebut.

Hasil verifikasi akan segera diputuskan oleh Tim FEATI Pusat dan akan ditentukan apakah UP – FMA Margo Rukun lolos untuk maju ke tingkat Nasional.

Foto 2. Tim FEATI Pusat sedang melihat langsung hasil pembelajaran UP - FMA

Foto 3. Produk hasil pembelajaran UP - FMA

Foto 4. Kesenian tradisional dalam rangka menyambut tim verifikasi

Lainnya :
*
Sinkronisasi dan Koordinasi Kegiatan Penyuluhan Pertanian Tingkat DIY
Bidang Koordinasi Penyuluhan
Oleh : Andi Bagus | 10-04-2018 |
*
TEMU TUGAS PENYULUH, MENDUKUNG SUKSES SWASEMBADA PANGAN DI DIY
Bidang Koordinasi Penyuluhan
Oleh : Andi Bagus | 28-02-2018 |
*
PEMBINAAN DAN EVALUASI THL TBPP DIY TAHUN 2017
Bidang Koordinasi Penyuluhan
Oleh : Andi Bagus | 25-10-2017 |
*
Penumbuhan dan Pengembangan Kelompok Usaha Bersama Petani Muda
Bidang Koordinasi Penyuluhan
Oleh : Andi Bagus | 21-10-2017 |
*
Tim BKPP DIY Kunjungi Sumber Teknologi Perbenihan di Jawa Barat
Bidang Koordinasi Penyuluhan
Oleh : Sekretariat | 01-08-2017 |

Beranda Bidang Koordinasi Penyuluhan