Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Workshop Akhir Akses Pangan
Bidang Distribusi Pangan
Oleh : Admin | 01-05-2012 |

Workshop Akhir Fasilitasi Kelembagaan Akses Pangan Provinsi DIY Tahun 2010 dilaksanakan pada tanggal 6 Oktober Tahun 2010, bertempat di Jogja Fish Market, Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Adapun peserta pada acara dimaksud meliputi seluruh Gapoktan penerima Fasilitasi Kelembagaan Akses Pangan Tahun 2010 sejumlah 15 Gapoktan yang meliputi ketua, bendahara, penanggungjawab unit usaha akses pangan di 4 kabupaten Gunungkidul, Bantul, Kulonprogo dan Sleman. Acara dibuka oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Provinsi DIY, dilanjutkan dengan pemaparan narasumber dari PT. Madubaru yang disampaikan oleh Ir. Jaka Barata, yang menyampaikan upaya tindak lanjut MoU antara Gapoktan penerima manfaat Fasilitasi Kelembagaan Akses Pangan dengan PG.

Madubaru di BKPP Provinsi tentang distribusi gula pasir. Di tingkat operasional PT. Madubaru melalui PG. Madukismo telah melayani permintaan Gapoktan Akses pangan khusunya distribusi gula pasir sesuai permintaan dengan harga ekonomis dibawah harga pasar serta sampai lokasi. Kerjasama ini sangat bermanfaat bagi masyarakat di lokasi akses pangan, khususnya dalam melayani kebutuhan akan gula pasir. Kedepan terobosan ini akan diusahakan untuk komoditas lain baik beras, minyak goreng, telur dan pangan lain dengan mitra usaha untuk mendapatkan harga yang ekonomis/murah agar dapat mendekatkan bahan pangan dimaksud kepada masyarakat melaui Gapoktan di daerah rawan pangan.
Materi workshop yang lain adalah evaluasi pelaksanaan Gapoktan penerima Fasilitasi Kelembagaan Akses Pangan, seperti diketahui kegiatan ini wujudnya Bansos dengan besaran Rp. 100 juta, dengan peruntukan 25% (Rp. 25 juta) untuk cadangan pangan baik abadi maupun simpan pinjam dan 75% (Rp. 75 juta) untuk usaha akses pangan produktif. Usaha akses pangan produktif untuk pembelian bahan pangan masyarakat melalui pendataan yang diutamakan bagi masyarakat miskin di tingkat klaster/pedukuhan. Gapoktan mengusahakan bahan pangan dengan harga dibawah harga pasar dan dijual kepada masyarakat, sehingga masyarakat bisa menikmnati harga murah dan Gapoktan mendapatkan keuntungan. Dari Evaluasi yang dilaksanakan, secara operasional pelaksanaan sudah berjalan sesuai dengan aturan uyang ada, namun dari administrasi pembukuan dan pelaporan sebagian besar Gapoktan masih belum maksimal melaksanakannya.

Lainnya :
*
Toko Tani Indonesia Center (TTIC) DIY Adakan Bazaar Selama 12 Hari
Bidang Distribusi Pangan
Oleh : Sekretariat | 15-05-2018 |
*
BKPP DIY Adakan Temu Gapoktan bersama Koppasindo
Bidang Distribusi Pangan
Oleh : Sekretariat | 22-03-2018 |
*
Toko Tani Indonesia (TTI) Center Ikuti Pameran Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat
Bidang Distribusi Pangan
Oleh : Sekretariat | 15-03-2018 |
*
Sosialisasi Kegiatan Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PUPM) Tahun Anggaran 2018
Bidang Distribusi Pangan
Oleh : Sekretariat | 19-02-2018 |
*
BKPP DIY Lakukan Upaya Peningkatan Akses Pangan
Bidang Distribusi Pangan
Oleh : Sekretariat | 25-01-2018 |

Beranda Bidang Distribusi Pangan