Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
SEMANGAT PANCASILA SEMUA APARAT TERGABUNG GERAKAN RAKYAT (GERAK) PANCASILA DIY
Berita Internal
Oleh : Sekretariat | 05-06-2017 |

 

Hari Lahir Pancasila. Sejarah penetapan hari lahir Pancasila mengacu pada sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada 29 Mei-1 Juni 1945. Tiga orang tokoh yang memaparkan tentang dasar negara yakni Muhammad Yamin, Soepomo, dan Soekarno. Sang Pahlawan Proklamator, Presiden Soekarno pada tanggal 1 Juni 1945 menyampaikan rumusan Pancasila dalam pidatonya. Pidato ini merupakan konsep dan rumusan awal Pancasila sebagai dasar Negara Indonesia, yang dikenal sebagai “Lahirnya Pancasila” oleh mantan Ketua BPUPKI Dr. Radjiman Wedyodiningrat dalam kata pengantar buku yang berisi pidato yang kemudian dibukukan oleh BPUPKI.

Dalam peringatan hari lahir Pancasila, Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan DIY ikut serta hadir dalam orasi kebangsaan yang juga dihadiri oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam X dan GKR Hemas. Acara yang digelar di Kagungan Dalem Pagelaran Keraton Yogyakarta pukul 15.30-17.30 WIB merupakan satu dari beberapa rangkaian kegiatan didalam memperingati hari lahir Pancasila yang ditetapkan pada tanggal 1 Juni.

 


(Gambar diambil dari www.rri.co.id)

 

Dalam orasinya, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X menyampaikan bahwa Pancasila adalah jiwa Bangsa yang mampu memperteguh semangat kebangsaan terhadap pengaruh apapun yang mengingkari Pancasila, sebagai dasar Negara serta Ideologi dan pandangan hidup Bangsa.

Orasi Kebangsaan yang disampaikan oleh Sri Sultan HB X juga menyatakan bahwa Pancasila sebagai dasar negara jangan hanya menjadi slogan atau simbol semata, tetapi harus dimaknai dan nilai-nilai Pancasila benar-benar diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pancasila sebagai Ideologi terbuka yang memiliki dua dimensi nilai-nilai ideal dan aktual. Namun nilai-nilai itu, kini dipengaruhi nilai-nilai New Liberalisme yang bersamaan dengan globalisasi informasi juga dikembangi dengan paham radikalisme agama. Sebagai free rider yang menariknya keranah politik identitas.

Melalui Gerakan Rakyat (Gerak) Pancasila DIY menegaskan bahwa Pancasila sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia sudah menjadi keniscayaan ideologis bersifat fundamental sekaligus sebagai falsafah hidup berbangsa yang menjadi modal untuk bersatu, maju dan meraih kejayaan bangsa.  

Usai orasi Gubernur, acara di tutup dengan berbuka puasa bersama dengan berbagai komponen masyarakat tanpa perbedaan.

Lainnya :
*
Sosialisasi Alternatif Pembiayaan Non Pemerintah
Berita Internal
Oleh : Sekretariat | 10-05-2018 |
*
Pertandingan Futsal Tim Putra-Putri antar SKPD se-DIY
Berita Internal
Oleh : Sekretariat | 17-07-2017 |
*
Jalin Silaturahmi Idul Fitri 1438 H, BKPP DIY Gelar Syawalan
Berita Internal
Oleh : Sekretariat | 13-07-2017 |
*
UPACARA PURNA TUGAS PNS BKPP DIY
Berita Internal
Oleh : Sekretariat | 09-01-2017 |
*
Selamat Jalan Erik Subastian, S. Pi.
Berita Internal
Oleh : Sekretariat | 12-02-2016 |

Beranda Berita Internal