Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
BKPP DIY SALURKAN 31 TON BERAS CADANGAN PANGAN UNTUK DAERAH TERDAMPAK KEKERINGAN
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 05-10-2017 |

 

Hingga bulan September 2017 kondisi kekeringan di DIY belum ditetapkan oleh pemerintah dalam kondisi darurat walau di beberapa wilayah telah mengalami kekeringan. Dalam hal ini dua kabupaten mendapat perhatian lebih dari Pemerintah Daerah DIY yaitu Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Kulon Progo. Sejumlah kecamatan di Gunungkidul yang terdampak kekeringan diantaranya adalah Panggang, Purwosari, Rongkop, Tepus, Paliyan, Tanjungsari, dan Girisubo. Sementara di Kabupaten Kulon Progo yang kerap mengalami dampak kekeringan yaitu kecamatan Girimulyo, Kokap, dan Samigaluh. Luasan daerah kekeringan diperkirakan telah meluas.

Air menjadi sulit untuk diperoleh tidak hanya untuk kebutuhan rumah tangga sehari-hari namun juga untuk keperluan minum ternak. Tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan oleh masyarakat terdampak untuk membeli air. Tangki air berkapasitas 5.000 L yang mereka beli rata-rata hanya cukup untuk dua minggu. Meskipun dropping air sudah dilakukan oleh pemerintah maupun pihak swasta, namun hal tersebut belum mampu menjangkau seluruh wilayah yang terdampak kekeringan. Dengan demikian setiap kali musim kemarau masyarakat harus mengeluarkan biaya lebih untuk membeli air yang secara langsung akan berpengaruh pula terhadap kemampuan/daya beli masyarakat dalam memenuhi kebutuhan yang lain terutama pangan.

Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan DIY sampai dengan saat ini telah menyalurkan sebanyak 31 ton cadangan pangan berupa beras bagi 22 desa yang tersebar di 9 Kecamatan baik di Gunungkidul maupun Kulon Progo. Tujuh kecamatan di Gunungkidul yang menjadi sasaran penyaluran cadangan pangan yaitu Panggang, Purwosari, Paliyan, Tepus, Tanjungsari, Wonosari, dan Saptosari. Dua kecamatan lainnya berada di Kulon Progo yaitu Girimulyo. Total KK yang memperoleh manfaat penyaluran cadangan pangan ini yaitu sebanyak 3.686 KK.

 


Penyerahan bantuan cadangan pangan di desa Mulusa, Planjan dan Giricahyo oleh Kasubbid ketersediaan Pangan, aparat desa dan kepala serta Carik Desa Giricahyo, Gunungkidul

 

Bantuan beras cadangan pangan ini didistribusikan langsung oleh BKPP DIY yang bekerjasama dengan PUSKUD Mataram ke desa-desa yang telah diverifikasi baik oleh kabupaten maupun provinsi. Penyaluran cadangan pangan  didasarkan pada permohonan yang diajukan oleh desa melalui kabupaten kepada BKPP DIY. Calon penerima harus dipastikan bukan mereka yang menerima beras sejahtera/Rastra. Diharapkan dengan adanya penyaluran cadangan pangan ini dapat meringankan beban masyarakat miskin yang terdampak kekeringan khususnya dalam mengupayakan pemenuhan pangan pokok.

 


Penyaluran bantuan cadangan pangan berupa beras di Desa Sidoharjo, Tepus, Gunungkidul

Lainnya :
*
BKPP DIY Selenggarakan Lomba Desa Mandiri Pangan Tahun 2018
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 26-07-2018 |
*
Sosialisasi Desa Mandiri Pangan 2018
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 17-07-2018 |
*
Pembahasan Lomba Desa Mandiri Pangan 2018
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 25-05-2018 |
*
BKPP DIY Kembangkan Kawasan Rumah Pangan Lestari
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 26-02-2018 |
*
Sosialisasi dan Sinkronisasi Program Kegiatan Ketahanan Pangan Tahun Anggaran 2018
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 15-02-2018 |

Beranda Bidang Ketersediaan Pangan