Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Tanggap Darurat Bencana Merapi, Badan Ketahanan Pangan Dan Penyuluhan Provinsi DIY
Umum
Oleh : Admin | 01-05-2012 |

BKPP Propinsi DIY sesuai dengan tupoksinya ditugasi mengelola cadangan pangan Pemerintah Daerah Propinsi DIY berupa beras yang penyimpanannya dikerjasamakan dengan PUSKUD METARAM Yogyakarta. Pada tahun 2009 menggunakan dana APBN pengadaan beras cadangan pangan sebesar 9.090 kg dan pada tahun 2010 ini menggunakan dana APBD sedang diproses pengadaan cadangan pangan beras sebanyak 31.000 kg. Cadangan pangan ini digunakan untuk intervensi tanggap darurat bagi masyarakat yang terkena dampak bencana alam. Selain itu BKPP Propinsi DIY juga mempunyai anggaran APBN untuk Penanggulangan Daerah Rawan Pangan (PDRP) yang bersifat transient (sementara/darurat) sebagai akibat adanya bencana alam maupun gagal panen karena serangan hama/penyakit.

Pasca meletusnya Gunung Merapi tanggal 26 Oktober 2010, Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Propinsi DIY (BKPP) pada tanggal 27 Oktober langsung mengadakan pengamatan / investigasi ke barak-barak pengungsian untuk mencari data korban bencana dan data tentang keperluan khususnya makanan / bahan pangan yang dibutuhkan. Wilayah terkena dampak meliputi 3 kecamatan terdiri dari 7 desa, dengan jumlah pengungsi di barak-barak pengungsian total sejumlah 14.842 orang. Korban meninggal sementara terdata 25 orang dan ternak mati dilaporkan ada 322 ekor sapi.
Dari hasil investigasi, jenis bantuan yang diperlukan di barak-barak pengungsian pada umumnya sama yaitu :
Pangan : beras, gula, teh/kopi, minyak goreng, sayuran, lauk.
Makanan bayi : bubur bayi dan susu.
Obat-obatan : ‑
Peralatan mandi : sabun, sikat gigi, pasta gigi, sampo, handuk.
Perlengkapan lain : pembalut wanita, selimut, minyak tanah
Keperluan ternak : pakan ternak

Sesuai dengan tupoksi BKPP Propinsi DIY maka fokus bantuan yang bisa disalurkan sebagai aksi tanggap darurat adalah bantuan pangan. Jenis dan jumlah bantuan pangan adalah beras sebanyak 7 ton, gula pasir 675 kg, kopi 19 karton, teh 19 karton, minyak goreng 19 karton, susu balita 16 karton, bubur bayi 11 karton dan sarden 19 karton. Disamping itu juga ada bantuan beras sumbangan partisipasi bela rasa paguyuban Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat (LDPM) sebanyak 1,4 ton merupakan partisipasi dari 46 LDPM di DIY. Bantuan tersebut dibagi untuk 7 desa, masing-masing akan mendapatkan 1 ton beras dari BKPP dan 2 kuintal dari LDPM ditambah sejumlah gula, kopi/teh, minyak goreng, susu balita, bubur balita dan sarden. Pengiriman bantuan sudah dimulai sejak hari Jumat tanggal 29 Oktober 2010 untuk 2 desa yaitu desa Purwobinangun dan Hargobinangun, Pakem. Pada hari ini Sabtu 30 Oktober 2010 dikirim untuk 3 desa di kec. Cangkringan yaitu desa Umbulharjo, Kepuhharjo dan Glagahharjo, dan hari Senin untuk 2 desa di kec. Turi. Semua bantuan diserahkan melalui satu pintu yaitu melalui pemerintah desa masing-masing di bagian logistiknya.

Selanjutnya Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Provinsi DIY menghimbau dan mengajak semua karyawan karyawati BKPP untuk ikut berbela rasa menyisihkan sebagian rejekinya untuk disumbangkan bagi masyarakat yang terkena dampak bencana. Pada tanggal 1 awal bulan depan diminta partisipasinya mengumpulkan sumbangan apa saja yang dapat dibantukan kepada korban yang masih berada di pengungsian.

Disamping memberikan bantuan ke masyarakat korban musibah meletusnya gunung Merapi, BKPP Provinsi DIY jugs tengah memproses bantuan pangan untuk korban tanah longsor di kabupaten Gunung Kidul beberapa waktu yang lalu dan masyarakat petani yang gagal panen karena serangan hama di wilayah kecamatan Minggir, Sleman. Nilai uang bantuan untuk Gunung Kidul sebanyak kurang lebih Rp 10 juta, dan masyarakat di Minggir, Sleman kurang lebih Rp 34 juta. Dengan bantuan tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mengakses pangan sehingga tidak terjadi rawan pangan yang lebih parah

Lainnya :
*
Makan Cokelat Dapat Mencegah Ngantuk Saat Kerja
Umum
Oleh : Sekretariat | 15-04-2016 |
*
Ragam Jenis Pangan Lokal
Umum
Oleh : Sekretariat | 26-01-2016 |
*
Ketahanan pangan
Umum
Oleh : Sekretariat | 21-01-2016 |

Beranda Umum