Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Capaian Angka NBM Tetap 2016, DIY Tetap Optimalkan Ketersediaan Pangan
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 18-10-2017 |

 

Untuk mencapai ketahanan pangan diperlukan ketersediaan pangan dalam jumlah dan kualitas yang cukup, terdistribusi dengan harga terjangkau dan aman dikonsumsi bagi setiap warga untuk menopang aktivitasnya sehari-hari sepanjang waktu. Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan DIY menyelenggarakan pertemuan guna mengkaji capaian konsumsi pangan yang terlihat dalam neraca bahan makanan.

Neraca bahan makanan (NBM) memberikan gambaran untuk mengetahui nilai gizi secara tidak langsung yang memiliki keterkaitan dengan ketersediaan pangan suatu wilayah baik dari sisi produksi ataupun akses pangan. Ketersediaan pangan wilayah dapat diukur secara kualitatif dengan menggunakan skor PPH (Pola Pangan Harapan).

Berdasarkan kajian NBM tetap tahun 2016, tingkat konsumsi energi untuk penduduk DIY sebesar 2.299 kal/kapita/hari dengan tingkat konsumsi ideal sebesar 2.150 kal/kapita/hari yang berarti ketersediaan akan bahan pangan mampu memenuhi kebutuhan penduduk DIY. Secara kumulatif skor PPH 2016 sebesar 88,5, dan beberapa komoditi masih perlu peningkatan konsumsi seperti umbi-umbian, kacang-kacangan, sayur dan buah. Sedangkan tingkat ketersediaan energi di DIY tahun 2016 mencapai 3.727 kal/kapita/hari dengan tingkat ketersediaan ideal sebesar 2.400 kal/kapita/hari dan skor PPH ketersediaan tahun 2016 sebesar 97,1.

Angka konsumsi tahun 2016 mengalami peningkatan dibanding 2015 yang berdampak perlunya penyediaan bahan pangan yang lebih banyak. Dalam hal ini dukungan dari lintas sektor sangat diperlukan dalam peningkatan produksi dan produktivitas disamping menurunkan angka konsumsi yang melebihi standar konsumsi seperti terigu. Disamping itu, perlu adanya peningkatan diversifikasi/penganekaragaman konsumsi agar sesuai pola pangan harapan (PPH).

Pada pertemuan yang diadakan tanggal 12 dan 16 Oktober 2017 lalu di ruang Rapat Dewi Sri BKPP DIY, dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo menyampaikan adanya dampak pembangunan bandara terhadap ketersediaan pangan di Kulon Progo. Akibat dari alih fungsi lahan seluas 153 ha, maka ada optimalisasi pemanfaatan pekarangan melalui kelompok wanita tani dan penguatan cadangan pangan masyarakat sebagai alternatif dalam upaya mendukung ketersediaan pangan.

 

 

Lainnya :
*
BKPP DIY Mengkaji Ketersediaan Pangan di Daerah Istimewa Yogyakarta
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 28-11-2017 |
*
BKPP DIY SALURKAN 31 TON BERAS CADANGAN PANGAN UNTUK DAERAH TERDAMPAK KEKERINGAN
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 05-10-2017 |
*
GERAKAN OPTIMALISASI POTENSI DESA
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 28-07-2017 |
*
Apresiasi Angka Ramalan (ARAM) I Tahun 2017
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 21-07-2017 |
*
Penyerahan Hibah Barang Kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) se-DIY
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 25-06-2017 |

Beranda Bidang Ketersediaan Pangan