Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Penumbuhan dan Pengembangan Kelompok Usaha Bersama Petani Muda
Bidang Koordinasi Penyuluhan
Oleh : Andi Bagus | 21-10-2017 |

demapan1web.jpg

Salah satu tantangan dalam mewujudkan swasembada pangan adalah jumlah SDM Petani yang berusia tua, masih sedikit kaum muda yang tertarik dalam mengembangkan usaha tani. Oleh karena itu, diperlukan usaha dalam meningkatkan peran  serta  generasi muda di  bidang pertanian dengan cara mendorong agar mereka tertarik dan mampu mengelola usaha pertanian.

Untuk mencapai skala  ekonomi usaha dan efisiensi, maka pembinaan kepada pemuda / petani muda diarahkan agar mereka mau berkelompok dan mengembangkan usaha bersama. Berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 33 tahun 2017, bahwa Kelompok Usaha Bersama Petani Muda merupakan Kumpulan pemuda / petani muda yang bergabung dan bekerjasama mengelola usaha pertanian bersama untuk meningkatkan efisiensi usaha. Tujuan dari Kelompok Usaha Bersama Petani Muda ini adalah selain untuk meningkatkan peran pemuda dalam pembangunan pertanian juga untuk menumbuhkan kelembagaan ekonomi yang dikelola  pemuda/petani muda dalam rangka membangun daya saing dan posisi tawar dalam dunia usaha.

Satuan Kerja Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Daerah Istimewa Yogyakarta (10) melalui Dana Dekonsentrasi memfasilitasi kegiatan Penumbuhan dan Pengembangan Kelompok Usaha Bersama Petani Muda agar menjadi Kelembagaan Ekonomi Petani yang kuat, mandiri dan berkelanjutan.

Lingkup Kegiatan dalam Penumbuhan Kelompok Usaha Bersama Petani Muda ini antara lain;

  1. Rembug Tani, yaitu berkumpulnya anggota kelompok dengan penyuluh pendamping untuk berdiskusi tentang struktur organisasi, pembagian tugas, rencana usaha tani yang dipilih, melengkapi syarat administrasi kelompok, membuat proposal usaha tani,
  2. Kegiatan Kursus Tani, yaitu sekolah lapangan dimana kelompok dengan difasilitasi penyuluh melakukan pembelajaran praktek langsung di lapangan melakukan usaha tani dengan menghadirkan narasumber yang berpengalaman di bidangnya,
  3. Temu usaha tani, merupakan tempat bertemunya kelompok dengan calon mitra/ pengusaha sehingga usaha tani yang dilakukan dapat berkelanjutan di masa yang akan datang.

Pada tahun 2017 ini dilakukan fasilitasi pada 5 Kelompok Usaha Bersama Petani Muda se-DIY yaitu Kelompok Usaha Bersama (KUB) Maju Bersama dari Pleret Bantul, KUB Guyub Rukun Banguntapan, KUB Mudho Mandiri Imogiri, KUB Gempita Sleman, KUB Tirta Gempita Purwosari Gunung Kidul. 

demapan1web.jpg

demapan1web.jpg

demapan1web.jpg

demapan1web.jpg

demapan1web.jpg

Lainnya :
*
Sinkronisasi dan Koordinasi Kegiatan Penyuluhan Pertanian Tingkat DIY
Bidang Koordinasi Penyuluhan
Oleh : Andi Bagus | 10-04-2018 |
*
TEMU TUGAS PENYULUH, MENDUKUNG SUKSES SWASEMBADA PANGAN DI DIY
Bidang Koordinasi Penyuluhan
Oleh : Andi Bagus | 28-02-2018 |
*
PEMBINAAN DAN EVALUASI THL TBPP DIY TAHUN 2017
Bidang Koordinasi Penyuluhan
Oleh : Andi Bagus | 25-10-2017 |
*
Tim BKPP DIY Kunjungi Sumber Teknologi Perbenihan di Jawa Barat
Bidang Koordinasi Penyuluhan
Oleh : Sekretariat | 01-08-2017 |
*
PENYULUH ANTUSIAS MENGIKUTI BIMTEK MATERI PENYULUHAN
Bidang Koordinasi Penyuluhan
Oleh : Sekretariat | 30-07-2017 |

Beranda Bidang Koordinasi Penyuluhan