Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Penganugerahan Pemenang Lomba Desa Mandiri Pangan 2018
Berita BKPP
Oleh : Sekretariat | 20-08-2018 |


Gubernur D.I. Yogyakarta, Sri Sultan HB X menyerahkan piagam penghargaan kepada para pemenang lomba Desa Mandiri Pangan tingkat provinsi DIY pada malam tirakatan memperingati kemerdekaan RI ke-73 di Bangsal Komplek Kepatihan Danurejan Yogyakarta.

Adapun desa mandiri pangan tersebut yaitu Desa Hargorejo kecamatan Kokap, Kulonprogo yang ditetapkan sebagai juara pertama, sementara untuk juara kedua diraih oleh Desa Semin, Kecamatan Semin, Gunungkidul. Sedangkan untuk Desa Wukirharjo, kecamatan Prambanan, Sleman serta Desa Jagalan Kecamatan Banguntapan, Bantul masing-masing memperoleh juara III dan IV.
 


Selain piagam, Sri Sultan HB X secara simbolik juga menyerahan hadiah berupa uang pembinaan masing-masing Rp 10.000.000,- untuk pemenang pertama; Rp 8.500.000,- bagi pemenang kedua sementara untuk pemenang ketiga dan keempat masing-masing memperoleh Ro 6.500.000,- serta Rp 4.000.000,-. Trophy Gubernur DIY khusus diberikan bagi pemenang pertama. Dalam kesempatan tersebut hadir pula kepala BKPP DIY, Ir. Arofa Noor Indriani, M.Si. yang turut menyaksikan penyerahan penghargaan kepada perwakilan desa.

Penilaian lomba Desa Mandiri Pangan yang diketuai oleh Ir. Asyantini, MMA. (wakil ketua TP PKK DIY) dilaksanakan pada bulan Juli 2018 mulai dari penilaian profil desa (bobot 20 %) serta penilaian fisik di lapangan (bobot 80 %). Selain dari BKPP DIY, anggota tim penilai  juga berasal dari instansi lain seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY, Dinas Pertanian DIY serta Dinas Kelautan dan Perikanan DIY.  

Lomba Desa Mandiri Pangan telah tiga kali diselenggarakan oleh BKPP DIY sejak tahun 2016 diikuti oleh desa-desa yang telah diusulkan oleh masing-masing kabupaten dan tentunya telah mencapai tahap kemandirian (exit program). Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan mampu mendorong desa-desa mandiri pangan untuk tetap bersemangat mempertahankan dan melanjutkan kegiatan yang selama ini telah berjalan sehingga dapat dikatakan bahwa program ini diharapkan tidak akan ada akhirnya di samping sebagai bahan evaluasi bagi pemerintah selaku pembina.
 

 

Lainnya :
*
Cadangan Pangan Pemda DIY Siap Disalurkan ke Palu
Berita BKPP
Oleh : Admin | 17-10-2018 |
*
Pelepasan Purna Tugas Kasubbag Keuangan BKPP DIY
Berita BKPP
Oleh : Sekretariat | 12-10-2018 |
*
Kunjungan Kepala BKP Kementan RI ke Kulon Progo
Berita BKPP
Oleh : Admin | 24-09-2018 |

Beranda Berita BKPP