Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Kunjungan Kerja Kepala BKP ke Pasar Tradisional dan Gapoktan PUPM TTI di DIY
Berita BKPP
Oleh : Admin | 14-11-2018 |


Pada bulan Nopember ini, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian RI, Dr. Ir. Agung Hendriadi, M. Eng., kembali melakukan kunjungan kerja ke Pasar Beringharjo, Kota Yogyakarta. Kunjungan dilakukan untuk melihat langsung kondisi pasokan dan perkembangan harga pangan pokok dan strategis yang ada di Kota Yogyakarta didampingi oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan DIY, Ir. Arofa Noor Indriani, M.Si.

Dari hasil kunjungan, bapak Agung Hendriadi melihat harga pangan saat ini kondisinya relatif stabil, pasokan aman dan cukup. Toko Tani Indonesia atau biasa disingkat dengan TTI yang ada di pasar Beringharjo dilakukan untuk pengontrol harga dan bukan dimaksudkan untuk menyaingi pedagang yang ada di pasar.

Pada pemantauan saat itu, untuk harga telur ayam ras sebesar Rp. 21 ribu, bawang putih kating Rp. 17 ribu, bawang merah berkisar Rp. 20 ribu sampai dengan Rp. 22 ribu. Harga bawang merah konde termurah Rp. 10 ribu, terjadi pada 4 bulan yang lalu karena saat itu sedang terjadi panen raya, beras termurah Rp. 9 ribu (beras bulog termurah), cabai rawit merah Rp. 25 ribu, cabe merah keriting Rp. 20 ribu, cabe merah keriting dari muntilan lebih mahal sedikit Rp. 22 ribu.

Sedangkan untuk produk pangan peternakan, harga daging sapi terpantau sebesar Rp. 110 rb. Permintaan daging pada tahun baru dan natal masih tergolong normal/biasa, dibandingkan dengan saat hari raya Idul Fitri yang bisa melonjak sampai dengan 2 kali lipat permintaannya. Untuk cabai dan bawang masih normal.
 


Disamping kunjungan ke pasar tradisional, bapak kepala BKP juga melakukan kunjungan ke Gapoktan Amongtani, Temon, Kulon Progo yang merupakan salah satu Gapoktan PUPM TTI yang ada di DIY.
 

 

Lainnya :

Beranda Berita BKPP