Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Sadari Pentingnya Data, BKPP Gelar Apresiasi Database Ketahanan Pangan
Sekretariat
Oleh : Admin | 02-05-2012 |

Yogyakarta - Berbagai data terkait ketahanan pangan yang dapat diperoleh di Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi DIY disajikan oleh Lilik Sulistiyanto sebagai narasumber pada acara Apresiasi Database Ketahanan Pangan yang digelar oleh Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Provinsi DIY, Rabu, 20 Juli 2011 di Ruang Rapat Gedung D BKPP Provinsi DIY. “Kami siap membantu instansi yang membutuhkan berbagai data statistik, termasuk data-data terkait ketahanan pangan” ungkap Lilik. Profil BPS Provinsi DIY termasuk daftar jenis-jenis data statistik yang dimiliki BPS pun tak luput disampaikan sehingga para peserta yang terdiri dari berbagai perwakilan dari instansi-instansi terkait bidang ketahanan pangan tingkat provinsi maupun kabupaten menjadi terbuka wawasannya mengenai peran BPS dalam mendukung database ketahanan pangan.

Mengingat sistem penanganan ketahanan pangan bersifat kompleks, multidimensional, melibatkan berbagai disiplin ilmu, serta bersifat lintas sektor, maka diperlukan koordinasi dan kerjasama dengan berbagai instansi/lembaga untuk memperoleh data yang akurat, valid, dan terkini. Hal tersebut disampaikan oleh Bambang Heru Purwanto, SH (Sekretaris Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Provinsi DIY) selaku narasumber kedua dalam acara ini. Contoh permasalahan koordinasi antar-instansi ini menurut beliau adalah pada triwulan I, rata-rata SOPD/Lembaga belum dapat mempubilkasikan data sampai dengan akhir tahun sebelumnya. Disamping itu terdapat beberapa data yang sulit diperoleh, misalnya data cadangan pangan masyarakat, data keluar-masuk bahan pangan, dan lain-lain. Ruang lingkup data ketahanan pangan dan penyuluhan provinsi DIY tak luput dijelaskan oleh beliau.

“Dengan penyajian database ketahanan ini kami harapkan ada komitmen antar pemangku kepentingan pembangunan ketahanan pangan dan konsistensi dalam pelaksanaan guna sinkronisasi dan integrasi program dan kegiatan dari berbagai sektor” ujar Bambang Heru Purwanto.

Peran aktif para peserta nampak menggembirakan, diantaranya beberapa peserta yang menambahkan data-data yang dimiliki oleh instansinya untuk melengkapi data ketahanan pangan ini. Misalnya dari Disperindagkop DIY yang hendak menambahkan data potensi industri pangan di DIY. (f415)

Download materi-materi Apresiasi Database Ketahanan Pangan

Lainnya :
*
PUNCAK ACARA PERINGATAN HARI PANGAN SEDUNIA XXXVII DIY TAHUN 2017
Sekretariat
Oleh : Andi Bagus | 12-09-2017 |
*
FGD Pengembangan Desa Percontohan
Sekretariat
Oleh : Sekretariat | 08-05-2017 |
*
Rapat Pengelolaan Website
Sekretariat
Oleh : Sekretariat | 13-04-2017 |
*
BKPP DIY GELAR RAKER PEMBANGUNAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
Sekretariat
Oleh : Sekretariat | 03-04-2017 |
*
Workshop Pembangunan Ketahanan Pangan 2017
Sekretariat
Oleh : Sekretariat | 10-03-2017 |

Beranda Sekretariat