Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Tingkatkan Pengendalian, BKPP Gelar Workshop Monev Program/Kegiatan Tahun 2011
Sekretariat
Oleh : Admin | 02-05-2012 |

Yogyakarta (17/11) – Dalam rangka meningkatkan pengendalian terhadap program dan kegiatan yang dilaksanakan, BKPP Provinsi DIY menyelenggarakan “Workshop Monev Program / Kegiatan Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Provinsi DIY Tahun 2011”. Acara yang dilangsungkan di Wisma LPP pada tanggal 17 November 2011 ini mendapatkan respon yang tinggi dari para peserta terbukti dengan banyaknya peserta yang hadir dalam acara ini.

Sesuai tema acara, narasumber pada workshop ini berasal dari bidang-bidang yang ada di BKPP Provinsi DIY dan juga dari Bidang pengendalian Bappeda Provinsi DIY. Narasumber pertama yaitu Ir. V. Barudin, M.Si (Kepala Bidang Ketersediaan Pangan BKPP Provinsi DIY) menyampaikan mengenai evaluasi ketersediaan pangan tahun 2011 serta kebutuhan pangan tahun 2012. Dari target penyediaan pangan yang meliputi ketersediaan energi sebesar 3.664 kkal/kap/hari dan ketersediaan protein 94,59 gr/kap/hari, dicapai realisasi ketersediaan energi sebesar 3.736 kal/kap/hari dan ketersediaan protein 92,59 gr/kap/hari. Ir. V. Barudin juga menguraikan data-data ketersediaan pangan dan perkembangannya dari tahun ke tahun. “Dari tahun 2008 hingga 2010 menunjukkan kenaikan tiap tahunnya baik pada ketersediaan energi maupun ketersediaan protein” terang Ir. V. Barudin.

Selain data-data ketersediaan pangan, dipaparkan pula berbagai kegiatan yang dilakukan oleh Bidang Ketersediaan Pangan pada tahun 2011 ini, diantaranya kegiatan pengembangan desa mandiri pangan dan penyusunan neraca bahan makanan (NBM). “Desa Mandiri Pangan merupakan sebuah cita-cita, maka kegiatan pengembangan desa mandiri pangan ini adalah prosesnya” ujar pria yang akrab disapa pak Udin ini. Total Demapan (Desa Mandiri Pangan) yang telah ditumbuhkan hingga tahun 2011 ini sejumlah 41 desa.

Heru Slamet, Kabid Pengendalian Bappeda Provinsi DIY sebagai narasumber berikutnya menyampaikan berbagai hal berkaitan monev yang dilakukan oleh Bappeda. “Di Provinsi DIY, dalam rangka mempercepat dan mempermudah dalam penyampaian laporan monev telah dibuat sistem pelaporan berbasis website” terang Heru. Setiap SKPD wajib melaporkan realisasi kegiatan dan keuangan setiap bulannya melalui webmonev Bappeda Provinsi DIY.

Sesi paparan yang ketiga dibawakan oleh Ir. Hardiyanto, M.Si yang membawakan paparan berjudul “Meningkatkan Jangkauan Jaringan Distribusi dan Akses Pangan di Tingkat Rumah Tangga se-Provinsi DIY”. Sedangkan Ir. Joko Susilo, MMA (Kepala Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan) banyak berbicara tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan selama tahun 2011 ini dalam rangka mencapai tiga sasaran pokok bidang konsumsi dan kewaspadaan pangan, yaitu peningkatan kualitas pangan masyarakat, penanganan keamanan pangan segar, dan analisis situasi pangan.

Gambar 2. Berbagai foto kegiatan

Lainnya :
*
PUNCAK ACARA PERINGATAN HARI PANGAN SEDUNIA XXXVII DIY TAHUN 2017
Sekretariat
Oleh : Andi Bagus | 12-09-2017 |
*
FGD Pengembangan Desa Percontohan
Sekretariat
Oleh : Sekretariat | 08-05-2017 |
*
Rapat Pengelolaan Website
Sekretariat
Oleh : Sekretariat | 13-04-2017 |
*
BKPP DIY GELAR RAKER PEMBANGUNAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
Sekretariat
Oleh : Sekretariat | 03-04-2017 |
*
Workshop Pembangunan Ketahanan Pangan 2017
Sekretariat
Oleh : Sekretariat | 10-03-2017 |

Beranda Sekretariat