Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Kunjungan FAO Ke Desa Mandiri Pangan Desa Sidoharjo
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Admin | 03-05-2012 |

Program desa mandiri pangan di Propinsi DIY yang salah satunya bertujuan mewujudkan ketahanan pangan tingkat rumah tangga mulai dikembangkan tahun 2006 dan sampai tahun 2012 telah ditumbuhkan 65 desa. Desa Sidoharjo Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulon Progo merupakan salah satu desa pelaksana program yang telah exit program dan dinyatakan telah mandiri pada tahun 2012.

 

Berbekal keberhasilan dalam menjalankan program dan meningkatkan ketahanan pangan desa maka pada tahun 2011, desa tersebut mendapatkan penghargaan dari Presiden RI. Pada hari Sabtu, 10 Maret 2012 Desa Sidoharjo juga mendapat kehormatan untuk menerima kunjungan dari perwakilan FAO Mr. Dominique Bordet bersama Dr. Ir. Tjuk Eko Hari Basuki (Kepala Pusat BKP Kementerian Pertanian) dan Ir. Asikin Chalifah (Kepala BKPP DIY) untuk meninjau keberhasilan dan perkembangan demapan.

Program desa mandiri pangan di Desa Sidoharjo yang berjalan selama empat tahun telah mampu menurunkan KK miskin secara signifikan. Berdasarkan DDRT tahun 2008 jumlah miskin di desa tersebut sejumlah 948 KK miskin menurun menjadi 627 KK pada tahun 2011. Desa Sidoharjo dalam 4 tahun pelaksanaan program juga telah menunjukkan perkembangan & memberikan manfaat bagi masyarakat. Jumlah kelompok yang berhasil dikembangkan sampai saat ini sebanyak 14 kelompok dengan jumlah anggota hingga 250 orang. Langkah-langkah yang diambil aparat desa untuk mendukung program yaitu dengan penguatan kelembagaan dan optimalisasi pekarangan melalui P2KP dengan APBDdesa.

Selain itu masyarakat desa juga gencar dalam memanfaatkan pangan lokal sebagai diversifikasi pangan di wilayah desa diantaranya kimpul, ubi, talas, gadung , garut labu kuning ubi jalar. Sebagai contoh di dusun Madigondo yang menjadi lokasi kunjungan FAO, pangan lokal menjadi cadangan pangan tingkat rumah tangga dan diolah menjadi ceriping gadung, tepung gadung, tepung casava, pati ganyong, tepung, criping Bothe, gaplek, kue kering, brownies, nastar, onde-onde dan lain. Komoditas unggulan juga terus dikembangkan seperti bunga krisan,salak, kopi, kakao, kambing, cengkeh, kambing etawa, gula semut, madu, slondok. Pengelolaan keuangan yang dikelola LKD terus berkembang dari tahun ke tahun. Pengembangan jaringan pemasaran kelompok bekerjasama dengan koperasi lintas desa, LSM-LSM, Improsula, dan Disperindagkop. Meski sudah berkembang, namun kelompok masih membutuhkan pemasaran lebih luas.

Pada tahun 2012, Desa Sidoharjo berbagi manfaat kepada desa-desa sekitarnya dengan menjadi desa inti. Keberlanjutan program ditindak lanjuti dengan peran Tim Pangan Desa, Lembaga Keuangan Desa dan pendamping. Dalam rangka memperkuat ketahanan pangan tingkat rumah tangga, BKP pusat dan BKPP DIY terus berupaya mendukung program desa mandiri pangan dengan memfasilitasi kegiatan usaha kelompok afinitas. Kunjungan FAO ke desa tersebut sempat diliput oleh Jogja TV. Bagi pemirsa yang ingin mengetahui tentang program demapan dan perkembangan di salah satu desa sasarannya, saksikanlah acara Liputan Khusus “Ketersediaan Pangan di Desa Mandiri Pangan” di Jogja TV yang akan disiarkan hari Ahad tanggal 25 Maret 2012 jam 15.30.

Lainnya :
*
Kunjungan Ke Lokasi Lumbung Pangan Masyarakat Sumatera Barat
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Admin | 16-08-2018 |
*
BKPP DIY Selenggarakan Lomba Desa Mandiri Pangan Tahun 2018
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 26-07-2018 |
*
Sosialisasi Desa Mandiri Pangan 2018
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 17-07-2018 |
*
Pembahasan Lomba Desa Mandiri Pangan 2018
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 25-05-2018 |
*
BKPP DIY Kembangkan Kawasan Rumah Pangan Lestari
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 26-02-2018 |

Beranda Bidang Ketersediaan Pangan