Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP)
Berita Internal
Oleh : Admin | 18-07-2013 |

spip1.jpgPada hari Rabu tanggal 17 Juli 2013, Kepala Badan dan Perwakilan dari BPKP memberikan sambutannya dalam acara Temu koordinasi antara Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) Daerah Istimewa Yogyakarta dan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dalam rangka  pelaksanaan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP). Sebagaimana diketahui bahwa Daerah Istimewa Yogyakarta memperoleh predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), mengingat hal itu maka setiap Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) di Daerah Istimewa Yogyakarta sudah sewajarnya menerapkan SPIP. Namun demikian, untuk dapat melaksanakan dan mematangkan SPIP masih dibutuhkan bimbingan ataupun pembinaan dari Instansi yang berkompeten guna mendorong SOPD agar lebih giat menjalankannya, khususnya pada kegiatan–kegiatan strategis dengan tidak meninggalkan kegiatan–kegiatan lainnya.

Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun 2013 mendapat tugas dari KPK untuk bisa mengamati kegiatan–kegiatan yang ada di Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan DIY, khususnya di lapangan yang hasilnya nanti akan disampaikan dan dibahas bersama apabila terdapat/ditemukan permasalahan.

Untuk pelaksanaan tindakan pencegahan, perlu penguatan SPIP sehingga masing–masing Instansi diwajibkan membuat Peta Resiko dengan harapan tidak terjadi permasalahan-permasalahan yang bisa menghambat pelaksanaan kegiatan di lapangan.

Berdasakan kesepakatan bahwa Sistem Pengendalian Internal Pemerintah yang telah dibuat oleh masing–masing Bidang/Sub Bidang dapat direkap dan diinventarisir resiko–resiko yang dianggap tinggi maupun ekstrim, apa penyebabnya dan pengendalian yang dilakukan yang selanjutnya dituangkan ke dalam blangko yang telah ditentukan. Karena Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan masing–masing Bidangnya /sub Bidang telah menyusun Dokumen SPIP, maka akan diseleksi dan akan dijadikan bahan seminar oleh Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal tersebut tentunya merupakan suatu kehormatan bagi BKPP DIY untuk dapat lebih giat lagi dalam menerapkan SPIP di Daerah Istimewa Yogyakarta.
 

Lainnya :
*
Sosialisasi Alternatif Pembiayaan Non Pemerintah
Berita Internal
Oleh : Sekretariat | 10-05-2018 |
*
Pertandingan Futsal Tim Putra-Putri antar SKPD se-DIY
Berita Internal
Oleh : Sekretariat | 17-07-2017 |
*
Jalin Silaturahmi Idul Fitri 1438 H, BKPP DIY Gelar Syawalan
Berita Internal
Oleh : Sekretariat | 13-07-2017 |
*
*
UPACARA PURNA TUGAS PNS BKPP DIY
Berita Internal
Oleh : Sekretariat | 09-01-2017 |

Beranda Berita Internal