Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
PENGHARGAAN APN 2014 DARI RI-1
Berita BKPP
Oleh : Erik | 30-12-2014 |

Dalam rangka membangun serta menggerakkan partisipasi dan sinergi antara pemerintah dan masyarakat dalam mewujudkan ketahanan pangan di wilayah, maka pemberian penghargaan ketahanan pangan perlu diperluas mencakup aspek ketersediaan, keterjangkauan, dan konsumsi pangan. Penghargaan ketahanan pangan merupakan agenda tahunan yang diberikan oleh Presiden RI selaku Ketua Dewan Ketahanan Pangan serta memiliki nilai dan prestise tinggi, maka diperlukan mekanisme untuk dapat menjaring calon penerima penghargaan yangbenar-benar layak.

Pemberian penghargaan ketahanan pangan telah dilakukan Pemerintah melalui Departemen Pertanian sejak tahun 1979, dengan menyelenggarakan lomba intensifikasi pertanian. Pemberian penghargaan ini bertujuan memberikan apresiasi dan motivasi kelompok tani nelayan dalam meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian, pendapatan petani dan nelayan dalam berusaha tani tanaman pangan, peternakan, perikanan, dan perkebunan.

Berbagai inovasi dan kreasi masyarakat yang berhasil dalam penyelenggaraan Ketahanan Pangan perlu mendapat perhatian Pemerintah. Oleh karena itu, kepada masyarakat perseorangan, kelompok masyarakat, pelaku usaha pangan, aparatur pemerintah, dan pejabat pemerintah yang telah memberikan upaya dan menghasilkan prestasi karya yang luar biasa dalam mewujudkan Ketahanan Pangan, diberikan penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) oleh Presiden selaku Ketua Dewan Ketahanan Pangan (DKP).

Penyerahan Penghargaan APN tingkat nasional dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 26 Desember 2014 bertempat di area persawahan Balai Besar Penelitian Tanam Padi, Desa Sukamandi Subang Jawa Barat. Berbeda dengan kegiatan penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara sebelumnya yang digelar di Istana Negara, kali ini Jokowi menyerahkan di area persawahan dengan tujuan agar presiden senantiasa dekat dengan rakyat dan rakyat merasakan kehadiran presiden di tengah mereka.

Rombongan dari DIY dipimpin oleh Ibu Kepala BKPP Ir. Arofa Noor Indriani, M.Si. beserta staff menempuh perjalanan darat yang cukup melelahkan dikarenakan padatnya kendaraan bersamaan dengan waktu liburan panjang natal, namun semua lelah seakan sirna setelah rombongan sampai tujuan dengan selamat dan menerima penghargaan APN langsung dari RI-1.

Adapun penetapan penerima penghargaan APN tingkat nasional berdasarkan kepada SK Menteri Pertanian Selaku Ketua Harian Dewan Ketahanan Pangan Nasional Nomor : 1289/Kpts/KP.450/12/2014 tentang Penetapan Pemenang Adhikarya Pangan Nusantara Tingkat Nasional Tahun 2014. Berikut penerima penghargaan APN 2014 yang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta :

No

Peserta

Alamat

Kategori/subkategori

 
 

1

dr. H. Hasto Wardoyo, SPOG (k)

Bupati Kulonprogo

Pembina/Bupati

 

2

Dra. Ani Widayani

Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul

Pembina/Kepala desa

 

3

Prof. Dr. Ir.Masyhuri

Sosek Fakultas Pertanian UGM

Pelayanan/Peneliti

 

4

Ermono, SP

PPL BP3K Kecamatan Girimulyo, Kulonprogo

Pelayanan/Penyuluh

 

5

Saptono, S.Pd.

Bokesan, Sindumartani, Ngemplak, Sleman

Pemangku

 

6

Kelompok Tani Sedyo Makmur

Ngemplak I, Umbulmartani, Ngemplak, Sleman

Pelaku/Produksi

 

7

Kelompok Kambing/Domba Mantep Makaryo

Hargotirto, Kokap, Kulon Progo

Pelaku/Produksi

 

8

Gapoktan Agrojogotirto Mandiri (Ketua Maryadi)

Jogotirto, Berbah, Sleman

Pelaku/Pemberdayaan

 

9

Fania Food (Ketua Hani Kusdaryanti)

Jl. Semangu KG I/16 Rejowinangun Yogyakarta

Pelaku/Industri

 

 

Lainnya :
*
Gertam Buah dan Sayur di Gunungkidul
Berita BKPP
Oleh : Sekretariat | 19-12-2018 |
*
Memori Satu Dasawarsa BKPP
Berita BKPP
Oleh : Sekretariat | 19-12-2018 |
*
Kompetisi Kelompok Budaya Pemerintahan SATRIYA Tahun 2018
Berita BKPP
Oleh : Sekretariat | 29-11-2018 |
*
Nilai IKM BKPP: Hasil Survei Kepuasan Masyarakat Tahun 2018
Berita BKPP
Oleh : Sekretariat | 29-11-2018 |
*
Audiensi Pengurus APJI DIY Kepada Kepala BKPP DIY
Berita BKPP
Oleh : Admin | 26-11-2018 |

Beranda Berita BKPP