Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Diduga Terkontaminasi Bakteri Listeria monocytogenes, Kemendag Larang Apel Granny Smith dan Gala dari Bidart Bros., AS
Kabar Dari Pusat
Oleh : Admin | 27-01-2015 |

SIARAN PERS
Pusat Hubungan Masyarakat
Gd. I Lt. 2, Jl. M.I Ridwan Rais No. 5, Jakarta 10110
Telp: 021-3860371/Fax: 021-3508711 www.kemendag.go.id

Diduga Terkontaminasi Bakteri Listeria monocytogenes, Kemendag Larang Apel Granny Smith dan Gala dari Bidart Bros., AS

Ilustrasi

Jakarta, 26 Januari 2015 – Keberpihakan Kementerian Perdagangan pada masyarakat terus ditunjukkan.  Demi  keamanan  dan  keselamatan  konsumen,  Kemendag  secara  resmi mengumumkan pelarangan perdagangan produk buah apel jenis Granny Smith dan Gala produksi Bidart  Bros.,  Bakersfield,  California,  Amerika  Serikat  (AS).  Kedua  jenis  apel,  yang  biasa  dijual dengan merek Granny’s Best dan Big B, diduga terkontaminasi bakteri  Listeria monocytogenes. Kemendag juga meminta masyarakat tidak mengonsumsi dan menyerukan para importir, distributor, dan pengecer menarik peredarannya dan tidak memperdagangkannya.

Direktur   Jenderal   Standardisasi   dan   Perlindungan   Konsumen   Kemendag   Widodo   bersama Direktur  Jenderal  Pengolahan  dan  Pemasaran  Hasil  Pertanian  (P2HP)  Kementerian  Pertanian, Yusni Emilia Harahap; dan Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) Suratmono, menjelaskan bahwa demi perlindungan terhadap konsumen Indonesia, keputusan ini dikeluarkan. "Apel jenis Granny Smith dan Gala produksi Bidart Bros, California, diduga terkontaminasi bakteri Listeria monocytogenes yang bisa menyebabkan infeksi serius dan fatal pada bayi, anak-anak, dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah," tegas Widodo di Jakarta, Senin (26/1).

Listeria monocytogenes adalah bakteri yang dapat menyebabkan infeksi serius dan fatal pada bayi, anak-anak, orang sakit dan lanjut usia, serta orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Orang sehat yang terinfeksi mungkin menderita gejala jangka pendek seperti demam tinggi, sakit kepala parah, pegal, mual, sakit perut, dan diare. Infeksi listeria dapat menyebabkan keguguran pada perempuan hamil.

Menurut Widodo, keputusan ini diambil berkenaan dengan surat Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya Nomor SV.04.01.15.0302 tanggal 23 Januari 2015 perihal Foodborne Disease Outbreak terkait konsumsi apel karamel di AS. Kemendag juga telah berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian dan Badan POM RI.

Dikatakan  Widodo  bahwa  Badan  POM  RI  selaku  Emergency  Contact  Point  International  Food Safety Authorities Network (INFOSAN) dan National Contact Point Indonesia Rapid Alert System for Food and Feed (INRASFF), telah menerima INFOSAN ALERT pada 17 Januari 2015. Isinya "Recall of internationally distributed apples and commercially produced, prepackaged caramel apples from the   USA   due   to   contamination   with   Listeria   monocytogenes."   Diterima   pula   surat   dari Kedutaan Besar AS di Jakarta pada 21 Januari 2015 yang tertanggal 19 Januari 2015.

Badan POM telah menelusuri data importasi pangan olahan dan tidak terdapat importasi produk apel karamel ke Indonesia. Kementan terus melakukan penelusuran terhadap importasi apel segar Granny Smith dan Gala dari Bidart Bros, California di wilayah Indonesia.

"Atas dasar itu, Kemendag melarang impor atau mendistribusikan apel Granny Smith dan Gala produksi Bidart Bros, California yang telah diimpor kepada distributor ataupun pengecer, serta menarik dari peredaran untuk apel yang telah diperdagangkan oleh pengecer," tegasnya.

Widodo juga melarang distributor mendistribusikan apel Granny Smith dan Gala produksi Bidart Bros., California tersebut, baik kepada pengecer maupun konsumen. Sedangkan kepada pengecer, Kemendag melarang memperdagangkan apel Granny Smith dan Gala produksi Bidart Bros., California dan konsumen agar  tidak membelinya. "Bagi konsumen yang telah terlanjur membeli apel tersebut, dimohon untuk tidak dikonsumsi," tandas Widodo.

Widodo bertekad  Kemendag bersama kementerian/lembaga non-kementerian terkait serta dinas provinsi   dan   kabupaten/kota   yang   bertanggungjawab   di   bidang   perdagangan   akan   terus melakukan pemantauan terhadap perdagangan apel Granny Smith dan Gala produksi Bidart Bros., California.

--selesai--


Informasi lebih lanjut hubungi:

Ani Mulyati
Kepala Pusat Humas
Kementerian Perdagangan

Telp/Fax: 021-3860371/021-3508711
Email: pusathumas@kemendag.go.id


Inayat Iman
Sekretaris Ditjen Standardisasi dan Perlindungan Konsumen Ditjen Standardisasi dan Perlindungan Konsumen Kementerian Perdagangan

Telp/Fax: 021- 3850986/021- 3842531
Email: inayat.iman@kemendag.go.id

Lainnya :
*
Pemerintah Mulai Intervensi Harga Pangan Jelang Ramadan 2018
Kabar Dari Pusat
Oleh : Sekretariat | 04-04-2018 |
*
FOOD STARTUP INDONESIA 2017 (DIY)
Kabar Dari Pusat
Oleh : Admin | 25-10-2017 |

Beranda Kabar Dari Pusat