Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Rapat Koordinasi Penyuluhan Mensukseskan UPSUS DIY 2015
Bidang Koordinasi Penyuluhan
Oleh : Andi Bagus | 14-03-2015 |

Pada 13 Maret 2015 Satuan Kerja BKPP DIY menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pemantapan Penyuluhan dalam Mensukseskan target Upaya Khusus (UPSUS) Di DIY tahun 2015, rapat koordinasi bertempat di Gedung STPP Yogyakarta. Rapat ini dihadiri oleh Kepala BKPP DIY, kepala Dinas Pertanian DIY, kepala BKPP DIY, kepala BPTP Yogyakarta dan Ketua STPP Yogyakarta. Rapat ini menghadirkan peserta yaitu seluruh Kepala/Koordinator BP3K/BPP se-DIY dan Pimpinan kelembagaan penyuluhan dari Kabupaten/Kota se-DIY. Dalam rapat ini antara lain dibahas tentang tugas penyuluh dalam mensukseskan UPSUS yairtu ; Bersama babinsa memotivasi, menggerakkan  petani, pemberdayaan masyarakat dan melakukan penyuluhan, Mendampingi dan memastikan RDK/RDKK telah disusun dengan  benar, Memastikan semua saprodi ( pupuk, benih ) tersedia dan dapat diakses petani, Mengawal dan mendampingi petani dlm penerapan teknologi ( jajar legowo, pasca panen dll ), Irigasi lancar dan mencukupi, Optimasi pemanfaatan alsintan,  Pengendalian hama, Bersama mantri tani & mantri statistik membuat laporan perkembangan mingguan (tiap hr Rabu), Peningkatan IP dan produktivitas.data angka yang dilaporkan secara mingguan merupakan data angka kecamatan yang telah disetujui penyuluh bersama dengan mantri tani dan mantri statistik.

Perlu ada peningkatan peran penyuluh yang dapat dikuantifikasi dalam indikator yang terukur, yaitu Peningkatan % petani yang menerapkan jarwo, Peningkatan % petani yang menerapkan tanam serempak, Peningkatan % petani yg menerapkan sistem irigasi berselang dan macak-macak dr total luas areal, Peningkatan % petani yang menerapkan pupuk berimbang, Peningkatan % petani yang menerapkan pendekatan pengendalian hama penyakit yang ramah lingkungan. Dalam pengawalan UPSUS pajale, bahwa babinsa tidak menggantikan tugas dan fungsi penyuluh tetapi membantu menggerakkan dan memotivasi petani dalam berbagai kegiatan ( misal tanam serempak, pengendalian OPT, gotong royong  rehab  jar  irigasi  dll ). Mekanisme dan hubungan kerja antar lembaga dalam memproduksi pangan strategis diatur dalam Permentan 131 tahun 2014 . Selain itu juga dibahas dukungan anggaran dari Satker BKPP DIY(10) untuk mensukseskan UPSUS melalui Kegiatan Peningkatan Kapasitas BP3K sebagai Posko Pelaksana Pembangunan Pertanian baik dari APBN Murni maupun APBN Perubahan. Melalui surat Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDMP nomor 1758/TP.410/J/02/2015 perihal pengawalan dan pendampingan penyuluhan pertanian pada UPSUS peningkatan padi, jagung dan kedelai : semua penyuluh pertanian agar membuat dan menandatangani kontrak kinerja dengan kepala BP3Knya. Kontrak kinerja agar diselesaikan dalam bulan Maret 2015, dikirim ke propinsi rangkap 2 ( satu untuk propinsi dan 1 untuk pusat )

Salah satu kunci keberhasilan UPSUS terletak pada kinerja para penyuluh dalam mendampingi, mengawal para petani dalam penerapan teknologi  dan budidaya yang benar.

Bagi Penyuluh DIY yang menginkan materi Rapat silakan kirim email permohonan ke :

penyuluhanbkppdiy@gmail.com.

Lainnya :
*
PENYUSUNAN PROGRAMA PENYULUHAN PERTANIAN TINGKAT DIY
Bidang Koordinasi Penyuluhan
Oleh : Andi Bagus | 05-11-2018 |
*
Penyuluh Bersemangat dalam Mengikuti Bimtek Materi Penyuluhan
Bidang Koordinasi Penyuluhan
Oleh : Andi Bagus | 20-07-2018 |
*
Sinkronisasi dan Koordinasi Kegiatan Penyuluhan Pertanian Tingkat DIY
Bidang Koordinasi Penyuluhan
Oleh : Andi Bagus | 10-04-2018 |
*
TEMU TUGAS PENYULUH, MENDUKUNG SUKSES SWASEMBADA PANGAN DI DIY
Bidang Koordinasi Penyuluhan
Oleh : Andi Bagus | 28-02-2018 |
*
PEMBINAAN DAN EVALUASI THL TBPP DIY TAHUN 2017
Bidang Koordinasi Penyuluhan
Oleh : Andi Bagus | 25-10-2017 |

Beranda Bidang Koordinasi Penyuluhan