Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
UPACARA PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA
Berita BKPP
Oleh : Erik | 01-10-2015 |

Bertempat di halaman Dinas Pertanian DIY Kamis Pagi (1/10/2015), digelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Bertindak sebagai inspektur upacara Kepala BKPP DIY Ir. Arofa Noor Indriani, M.Si. seluruh peserta upacara baik dari BKPP maupun dari Distan DIY mengikuti dengan penuh khidmat. Dalam kesempatan tersebut, inspektur upacara membacakan sambutan Gubernur Daerah Istimewa yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Genap 70 tahun yang lalu tepatnya 1 Juni 1945 , Ir. Soekarno telah mengusulkan dasar falsafah Negara Indonesia yang diperoleh dari Mr. Muhammad Yamin yakni Pancasila. Namun pada tanggal 30 September 1965 terjadi pergolakan yang dinamakan Gerakan G.30.S PKI, gerakan ini berusaha untuk menggantikan Pancasila dengan paham Komunis yang membawa korban baik sipil, tentara bahkan jendral.

Setiap 30 September bangsa Indonesia selalu memperingati tragedi tersebut yang dilanjutkan dengan Peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada tanggal 1 Oktober. Pada tanggal 10 Nopember 1986, Pancasila pertama kalinya diperkenalkan oleh Soeharto sebagai ideologi terbuka yang menuntut untuk menyesuaikan diri terhadap perkembangan zaman. Memasuki tahun 1998 yang mana terjadi reformasi besar-besaran telah menenggelamkan keberadaan Pancasila, hal ini dikhawatirkan akan memudarkan bersama sejarah masa lalu.

Pendidikan Pancasila adalah pendidikan perilaku serta pendidikan untuk terus mengembangkan nilai-nilai instrumen Pancasila yang di sesuaikan dengan keadaan bangsa, yang kuat jauh dari penyimpangan-penyimpangan ekonomi, hukum, sosial dan lain sebagainya. Disamping itu, cara yang mudah dijalankan dalam usaha pembangunan karakter bangsa dengan falsafah pancasila adalah dengan mengingat isi falsafah pancasila, tambahnya.
 

Pembangunan karakter bangsa ini sangat penting artinya dan bertujuan untuk membina serta mengembangkan karakter warga negara, sehingga mereka mampu mewujudkan masyarakat yang berkeTuhanan yang Maha Esa, berkemanusiaan yang adil dan beradab, berjiwa persatuaan Indonesia, berjiwa persatuaan Indonesia, berjiwa kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, serta berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

 

Referensi :

http://www.jogjaprov.go.id/pemerintahan/kalender-kegiatan/view/peringatan-hari-kesaktian-pancasila-di-kepatihan              

Lainnya :
*
Gertam Buah dan Sayur di Gunungkidul
Berita BKPP
Oleh : Sekretariat | 19-12-2018 |
*
Memori Satu Dasawarsa BKPP
Berita BKPP
Oleh : Sekretariat | 19-12-2018 |
*
Kompetisi Kelompok Budaya Pemerintahan SATRIYA Tahun 2018
Berita BKPP
Oleh : Sekretariat | 29-11-2018 |
*
Nilai IKM BKPP: Hasil Survei Kepuasan Masyarakat Tahun 2018
Berita BKPP
Oleh : Sekretariat | 29-11-2018 |
*
Audiensi Pengurus APJI DIY Kepada Kepala BKPP DIY
Berita BKPP
Oleh : Admin | 26-11-2018 |

Beranda Berita BKPP