Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
VERIFIKASI LANJUTAN OLEH TIM APN PUSAT
Berita BKPP
Oleh : Sekretariat | 22-10-2015 |

Verifikasi lanjutan yang dilaksanakan pada tanggal 19 dan 20 Oktober 2015, dipimpin oleh tim dari DKP Pusat yaitu Ir. Liek Irianti, MM dan Asti Mintoraras, S.Si. Penilaian dilakukan di kampus UGM, tepatnya kampus Tehnologi Pertanian UGM untuk memverifikasi kategori pelayanan-peneliti. Kemudian dilanjutkan ke daerah Tempel Sleman untuk penilaian kategori pelayanan-penyuluh dan dilanjutkan hari berikutnya, penilaian kategori pelayanan-pengawas di daerah Berbah Sleman. Berikut sekilas mengenai profil para pemenang tingkat Propinsi DIY tahun 2015.

Peraih kategori Pelayanan-peneliti, Prof. Dr. Ir. Endang Sutriswati Rahayu, MS yang disingkat ESR atau sering dipanggil Trisye diangkat sebagai dosen Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gajah Mada (FTP UGM) sejak April, 1980 sampai dengan saat ini.  Jabatan ESR saat ini, sebagai Ketua Program Studi S3 Ilmu Pangan UGM. Juga ikut berpartisipasi aktif dalam mendirikan Program S3 Ilmu Pangan tahun 1999, dan ditunjuk sebagai Ketua PS S3 Ilmu Pangan yang pertama sampai dengan tahun 2003. Jabatan ini disandang kembali sejak 2012 sampai dengan saat ini. Endang S Rahayu juga menjabat sebagai Anggota Dewan Redaksi Gajah Mada University Press (sejak 2013 sampai dengan sekarang).

Sesuai dengan bidang studi S3 nya, yaitu taksonomi mikroorganisme, maka setelah menyelesaikan studinya, pada tahun 1991, ESR diminta untuk mendirikan Food Nutrition Culture Collection (FNCC) di Pusat Studi Pangan dan Gizi (PSPG), dulu Pusat Antar Universitas (PAU), UGM. Tujuan dari pendirian Culture Collection  ini adalah untuk mengkoleksi mikroorganisme yang diperoleh dari para peneliti, menyimpan dan mendistribusikannya untuk kepentingan pendidikan, penelitian maupun industri. Sejak didirikan sampai dengan saat ini, ESR merupakan korator FNCC dibantu dengan staf-staf muda. Endang S Rahayu juga ditunjuk sebagai Tim Ahli pada PSPG UGM (2015), untuk bidang ilmu Keamanan Pangan dan Mikrobiologi/Bioteknologi Pangan.

Sumarsini, A.Md peraih kategori Pelayanan-penyuluh ketahanan pangan yang telah mengabdi selama kurang lebih 32 tahun ini telah melaksanakan tugas pokok Pembangunan Pertanian antara lain melakukan pengembangan tanaman salak pondok di desa Candibinangun dan desa Purwobinangun yang sebelumnya hanya seluas 8 Ha dengan kegiatan SL Agribisnis salak pondoh sekarang dapat menjadi sentra komoditas salak pondoh seluas 60 Ha. Melaksanakan SL-PTGA (Sekolah Lapang Pengelolaan Tata Guna Air), pembuatan sumur resapan dilahan sawah tadah hujan, pembangunan dan pengembangan jaringan irigasi, pembinaan anggota kelompok tani perkampungan ternak, pembuatan bio-activator dan pengelolaan limbah peternakan, SL-PHT, SL-PTT, SL-Agribisnis, SL-Perbenihan, SL-Iklim, Pengolahan hasil pertanian (pangan lokal), menumbuhkan lumbung pangan, melakukan pendampingan kegiatan percepatan penganekaragaman konsumsi pangan (P2KP), mengembangkan kawasan rumah pangan lestari (KRPL) dan pendampingan program desa mandiri.

drh. Yeni Kurniawati pemenang kategori Pelayanan-pengawas, yang saat ini bertugas di Puskeswan Berbah, Komplek Kelurahan Tegaltirto, Berbah Sleman. Dalam pelayanan kepada masyarakat umum menggunakan metode pelayanan pasif yaitu pelayanan kesehatan hewan yang dilakukan di Puskeswan dimana peternak membawa langsung ternaknya ke Puskeswan untuk diperiksa atau sekedar untuk meminta informasi masalah peternakan. Pemeriksaan ini biasanya untuk memeriksa hewan kecil seperti anjing, kucing, kelinci, ayam dan burung. Terdapat juga metode pelayanan semi aktif, yaitu mendatangi langsung rumah atau kandang ternak atas permintaan pemilik ternak untuk memberikan pelayanan kesehatan, baik untuk pengobatan maupun pelayanan IB dan PKB (pemeriksaam kebuntingan). Metode selanjutnya yang digunakan yakni metode pelayanan aktif, pelayanan kesehatan mendatangi langsung ke lokasi kandang ternak tanpa diminta oleh peternak. Kegiatan yang dilakukan diantaranya penyuntikan vitamin, pemberian obat cacing dan masih banyak lagi yang lainnya. (Resti)

Lainnya :
*
Gertam Buah dan Sayur di Gunungkidul
Berita BKPP
Oleh : Sekretariat | 19-12-2018 |
*
Memori Satu Dasawarsa BKPP
Berita BKPP
Oleh : Sekretariat | 19-12-2018 |
*
Kompetisi Kelompok Budaya Pemerintahan SATRIYA Tahun 2018
Berita BKPP
Oleh : Sekretariat | 29-11-2018 |
*
Nilai IKM BKPP: Hasil Survei Kepuasan Masyarakat Tahun 2018
Berita BKPP
Oleh : Sekretariat | 29-11-2018 |
*
Audiensi Pengurus APJI DIY Kepada Kepala BKPP DIY
Berita BKPP
Oleh : Admin | 26-11-2018 |

Beranda Berita BKPP