Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
RAKOR PEMBENTUKAN SATGAS KEAMANAN PANGAN OLAHAN DIY
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 23-10-2015 |

Keamanan pangan adalah hak asasi dan merupakan syarat penting yang harus dipenuhi sebelum mengonsumsi makanan. Di Indonesia, pemenuhan keamanan pangan dijamin oleh UU No. 18 Tahun 2012 tentang pangan dan PP No. 28 Tahun 2004 tentang keamanan, mutu dan gizi pangan. Namun, hingga saat ini belum ada instansi yang berwenang memberikan legalitas keamanan pangan terhadap pangan jajanan pasar/tradisional, jajanan anak sekolah maupun takjil. Oleh karena itu, DIY sebagai salah satu tempat wisata kuliner yang banyak menyajikan jajanan pasar/tradisional, jajanan anak sekolah dan takjil buka puasa merasa perlu adanya pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Keamanan Pangan yang bertugas mengawasi dan melegalisasi keamanan pangan olahan tersebut.

Rapat koordinasi pembentukan satgas ini dilaksanakan di Gedung Unit 8 Komplek Kepatihan Danurejan Yogyakarta pada hari Senin, 19 Oktober 2015. Rapat koordinasi ini dihadiri oleh Jejaring Keamanan Pangan Daerah DIY dan dipimpinoleh Asek Pemerintahan dan Kesra DIY. Dalam rapat ini disepakati bahwa satgas yang terbentuk harus memuat penjaminan mutu pada produk pangan olahan dan pengawasan di setiap mata rantai makanan olehmasing-masing instansi. Pembentukan satgasi ni juga jangan sampai mereduksi kewenangan masing-masing instansi yang memiliki tugas serta fungsi pengawasan dan penjaminan mutu.

Pada rakor ini diputuskan bahwa :

  1. Satgas Keamanan Pangan ini akan dipimpin oleh Dinas Kesehatan DIY.
  2. Satgas Keamanan Pangan ini harus dapat menyelesaikan permasalahan legalisasi terkait jajanan pasar/tradisional, jajanan anak sekolah maupun takjil buka puasa.
  3. Satgas Keamanan Pangan ini harus harmonis dengan aturan yang sudah berlaku.
  4. Legalisasi pangan olahan yang dilakukan oleh satgas ini bukan pada produk akhirnya melainkan pada sanitasi, higienitas dan GMP pengolahannya.
  5. Harus ada dokumen standar operasi menyerupai SOP bagi Satgas Keamanan Pangan ini yang mengacu pada standar baku nasional (KAN) seperti yang dimiliki BBPOM maupun OKKP-D yang mengacu pada ISO:17065.

 

 

 

 

 

 

 

Lainnya :
*
Penerimaan Hibah KRPL Tahun 2018
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 09-07-2018 |
*
Kunjungan Special Reporter (SR) Dewan Hak Azasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (HAM PBB) ke Kulon Progo
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 16-04-2018 |
*
Diseminasi Perda - Pergub Penjaminan Mutu dan Keamanan PSAT di Daerah Suplier
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 30-10-2017 |
*
BKPP DIY Sosialisasikan HET Beras
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 27-10-2017 |
*
BKPP DIY Lakukan Pemantauan Mutu Beras
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 19-10-2017 |

Beranda Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan