Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Workshop Sistem Keamanan Pangan Terpadu (SKPT)
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 21-03-2016 |

Keamanan pangan adalah kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah pangan dari kemungkinan cemaran biologis, kimia dan benda lain yang dapat mengganggu, merugikan dan membahayakan manusia. Keamanan pangan harus lebih dulu dipentingkan sebelum atribut mutu lainnya. Cacat mutu secara fisik dapat dilihat dan berakibat penolakan konsumen dan rendahnya penjualan; sementara bahaya keamanan pangan yang tersembunyi dan tidak terdeteksi sampai produk dikonsumsi.

Sistem Keamanan Pangan Terpadu (SKPT) merupakan suatu sistem yang bertujuan untuk memadukan langkah strategik semua instansi terkait dan stakeholders lainnya untuk meningkatkan keamanan pangan di Indonesia, termasuk di provinsi DIY. Untuk memberikan gambaran penanganan keamanan pangan secara terpadu, maka Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) melaksanakan workshop Sistem Keamanan Pangan Terpadu (SKPT) pada hari Senin tanggal 21 Maret 2016.

Workshop ini bertujuan untuk menyamakan persepsi tentang keamanan pangan serta mewaspadai pangan dari kemungkinan cemaran biologis, kimia dan benda lain yang dapat menggangu, merugikan dan membahayakan manusia ; merumuskan rencana langkah-langkah pencegahan dan penanggulangan keamanan pangan secara terpadu. Setelah Ibu Ir. Arofa Nur Indriani, M. Sc selaku Kepala BKPP DIY menuturkan Kebijakan Penanganan Keamanan Pangan T.A 2016 dan membuka acara wokrshop, materi dilanjutkan Pengawasan Peredaran Produk Kewan di Wilayah DIY dari Narasumber Dinas Pertanian DIY. Berdasarkan UU No. 18/2009 Jo No. 41/2014 tentang Pedoman Pengawasan dan Pengujian Keamanan dan Mutu Produk Hewan, tujuan pengawasan produk hewan (PH) adalah menjamin agar PH khususnya PAH yang beredar dimasyarakat baik yang diproduksi didalam negeri, dimasukkan kedalam dan/atau dikeluarkan dari wilayah Negara Republik Indonesia, serta diedarkan sampai ditingkat konsumen telah memenuhi kriteria aman, sehat, utuh dan halal (ASUH). Sehingga dalam upaya penjaminan keamanan dan mutu produk hewan yang beredar dan mempermudah pengawasan peredaran dilapangan maka sistem Registrasi dan Sertifikasi Produk Hewan sangat dibutuhkan.

Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Yogyakarta Dra. I Gusti Ayu Adhi Aryapatni, Apt. Memaparkan materi tentang Profil Keamanan Pangan di  DIY dan Rencana Program/Kegiatan yang dilaksanakan tahun 2016 meliputi Bimtek Peningkatan Kesiapan UMKM Pangan dalam Menghadapi MEA, Gerakan Keamanan Pangan Pangan Desa (GKPD) :2014-2019, Program Pasar Aman dari Bahan Berbahaya (2013-2019), Program Bintang Keamanan Pangan untuk Kantin Sekolah, Pengawalan AN-JAS (2011-2014), Program Dukungan di 8 Desa Rawan Pangan (2013-2017), Pemeriksaan sarana IRT, Sampling Produk Pangan IRT dan PJAS, Kegiatan Mobil Laboratorium Keliling, Pengawasan Iklan dan Label Pangan, dan Food Security. Berbagai program dan kegiatan telah dilaksanakan oleh BBPOM di Yogyakarta menuju keamanan pangan, baik secara mandiri maupun bersama dengan lintas sektor. Namun dari hasil pengawasan masih ditemukan peredaran pangan yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Sebagai penutup Kepala Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan BKPP DIY Ir. Kuncara Hadi Purwaka, MMA menyampaikan Isue Keamanan Pangan di DIY serta Rincian Kegiatan Penganangannya melalui Materi Rencana Kegiatan Penanganan Kemananan Pangan Sektor Ketahanan Pangan. Isue tersebut adalah masih ditemuka penggunaan bahan berbahaya khususnya pada pangan olahan dan produk pangan segar asal tumbuhan yang beredar masih banyak yang belum berlabel/sertifikat jaminan keamanan pangan. “Rincian Kegiatan yang dilakukan pada tahun 2016 sebagai program keamanan pangan yaitu pengembangan kelembagaan sertifikasi produk pangan segar ; pengembangan kelembagaan OKKPD ; dukungan pengembangan produk pangan bersetifikat ; dan penanganan keamanan pangan”, tutur Beliau mengakhiri workshop hari ini.

Lainnya :
*
Penerimaan Hibah KRPL Tahun 2018
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 09-07-2018 |
*
Kunjungan Special Reporter (SR) Dewan Hak Azasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (HAM PBB) ke Kulon Progo
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 16-04-2018 |
*
Diseminasi Perda - Pergub Penjaminan Mutu dan Keamanan PSAT di Daerah Suplier
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 30-10-2017 |
*
BKPP DIY Sosialisasikan HET Beras
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 27-10-2017 |
*
BKPP DIY Lakukan Pemantauan Mutu Beras
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 19-10-2017 |

Beranda Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan