Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Workshop NBM 2015 Sementara
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 24-03-2016 |

Demi menentukan strategi kebijakan dalam meningkatkan produksi, maka Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) DIY melaksanakan Workshop Neraca Bahan Makanan berdasar hortikultura dan peternakan tahun 2015 dari angka sementara dan bulan berjalan tahun 2016 pada hari Rabu tanggal 23 Maret 2016. Acara dibuka oleh Kepala Badan, dilanjutkan materi Ketersediaan Pangan (berdasar data produksi) untuk Tamanan Pangan, Holtikultura dan Peternakan tahun 2015-2016, faktor-faktor yang mempengaruhi kenaikan/penurunanan produksi serta strategi kebijakan dalam meningkatkan produksiyang disampaikan oleh Dinas Pertanian DIY. Berikut disampaikan mengenai beberapa Kinerja  2014-2015 dan Sasaran 2016 pada tanaman pangan yang dimaksud.

Justifikasi Pajalele tahun 2014-2015 yaitu Kenaikan produksi padi terjadi karena upaya khusus (UPSUS) melalui penerapan pengelolaan tanaman terpadu melalui Gerakan Penerapan Pengelolaan Tanaman Terpadu (GP PTT), rehabilitasi jaringan irigasi tersier, bantuan benih, pupk urea dan NPK. Angka produksi jagung dan kedelai tahun 2015 lebih rendah dari 2014. Penurunan produksi jagung terkait dengan adanya  geseran ke tanaman kacang tanah, sedangkan untuk produksi tanaman kedelai terkait dengan minat tanam dan harga kedelai yang kurang menarik bagi petani.

Justifikasi hortikultura  2014-2015 yaitu produksi cabe merah  pada tahun 2015 mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2014 walaupun luas panennya mengalami penurunan, demikian pula dengan cabe rawitnya. Hal tersebut sebagai akibat dari petani semakin sadar dalam menerapkan budidaya cabe secara baik dan benar karena selalu diberikan sosialisasi tentang GAP/SOP.Untuk produksi bawang merah tahun 2015 mengalami penurunan dari tahun 2014, karena penurunan luas panen di sentra  produksi Bantul  akibat banjir pada bulan Maret-April 2015 sehingga sebagian pertanaman bawang merah puso. Komoditas salak produksi tahun 2015 untuk sementara mengalami, hal ini disebabkan oleh  penurunan luas panen dan siklus produksi tahunan. Produksi jahe mengalami kenaikan seiring dengan meningkatnya luas panen, hal ini disebabkan harga jahe relatif konstan dibanding komoditas biofarmaka yang lain, sehingga petani beralih ke komoditas jahe. Krisan meningkat bantuan Pemerintah, memiliki prospek ekonomi  yang tinggi dengan sentra produksi Sleman dan rintisan di Kulonprogo. Upaya peningkatan  krisan juga juga mendukung daerah tujuan wisata.

Justifikasi peternakan  2014-2015 yaitu Populasi sapi potong tahun 2015 naik dibanding dengan tahun 2014. Kenaikan populasi sapi potong disebabkan adanya kegiatan optimalisasi  inseminasi buatan (IB), insentif sapi betina bunting,  pelarangan pemotongan sapi betina produktif  dan kegiatan penunjang lain seperti penanggulangan penyakit gangguan reproduksi ,gerakan pengembangan pakan berkualitas dan optimalisasi pemanfaatan lahan untuk pakan hijauan.   Memberikan  memotivasi peternak untuk meningkatkan  kemampuan dan ketrampilannya dalam meningkatkan populasi ternak sapi.

Sapi perah pada tahun 2015 menunjukkan peningkatan dibandingkan dengan 2014. Penyebab naiknya populasi ini adalah sebagian besar sapi perah terwadahi di 3 koperasi susu yang menangani sapi perah yaitu Koperasi susu Warga Mulya, Koperasi susu UPP Kaliurang dan Koperasi susu Sarono Makmur. Selain itu peningkatan juga adanya kegiatan Village Breeding Stock / VBC sehingga menjaga agar induk kering bunting dan bakal calon pedet tidak lari keluar daerah. Selain itu juga ada kegiatan uji zuriat yang menjadi salah satu upaya percepatan produksi bibit dengan menghasilkan pejantan unggul sebagai penghasil bibit sapi perah yang cocok dengan kondisi dan agroklimat di Indonesia.

Strategi pembangunan pertanian yang di laksanakan oleh Dinas Pertanian DIY meliputi deskripsi dibawah ini :

Terpisah materi Ketersediaan Pangan (berdasar data produksi) untuk Tebu, Kelapa, Gula Merah serta Mete tahun 2015-2016, faktor-faktor yang mempengaruhi kenaikan/penurunanan produksi serta strategi kebijakan dalam meningkatkan produksiyang disampaikan oleh Dinas Kehutanan Dan Perkebunan Provinsi DIY. Visi yang akan dicapau yaitu Terwujudnya Hutan lestari dan Agribisnis Perkebunan berkelanjutan yang Berdaya Saing untuk  Peningkatan  Kemandirian dan Kesejahteraan Masyarakat. Sedangkan Misi-misi untuk mendukung visi diatas meliputi beberapa hal yakni :

  1. Optimalisasi pemanfaatan potensi sumber daya hutan
  2. Mengurangi luas lahan kritis dengan upaya rehabilitasi hutan dan lahan
  3. Meningkatkan perlindungan sumberdaya hutan dan  ekosistemnya
  4. Memantapkan tata kelola hutan dan hutan rakyat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat

Meninjau dari data produksi pangan subsektor perkebunan tahun  2014 – 2015 dibahas mengenai pembahasan dari masing-masing hasil perkebunan.

Gula Pasir : Peningkatan  produksi yang terjadi di tahun 2015 disebabkan oleh peningkatan Produktivitas tanaman/ha

Gula Kelapa : dibanding tahun 2014 mengalami peningkatan produksi yang cukup signifikan  seiring dengan meningkatnya harga gula kelapa di tahun 2015.

Produksi kelapa mengalami penurunan ditahun 2015, karena disamping terjadi pengurangan jumlah tegakan  juga peningkatan kegiatan penderesan nira akan mengurangi jumlah produksi buah.

Produksi mete ditahun 2015 mengalami penurunan disebabkan cuaca dengan cuaca panas yang cukup panjang  akan mengganggu pembungaan dan pembentukan buah.

Bapak Udiyono, S. Pi, MMA menambahkan sistem pemasaran yang dilakukan adalah dengan Pemasaran secara bersama/ berkelompok  dan Pola kemitraan yang bermartabat dan lestari.

Lainnya :
*
Kunjungan Ke Lokasi Lumbung Pangan Masyarakat Sumatera Barat
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Admin | 16-08-2018 |
*
BKPP DIY Selenggarakan Lomba Desa Mandiri Pangan Tahun 2018
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 26-07-2018 |
*
Sosialisasi Desa Mandiri Pangan 2018
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 17-07-2018 |
*
Pembahasan Lomba Desa Mandiri Pangan 2018
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 25-05-2018 |
*
BKPP DIY Kembangkan Kawasan Rumah Pangan Lestari
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 26-02-2018 |

Beranda Bidang Ketersediaan Pangan