Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Sosialisasi Pilot Project "Membangun Desa Pangan Lestari"
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 20-05-2016 |

Rabu siang tanggal 18 Mei 2016 Kementrian Pertanian bekerjasama dengan KPPPA (Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) menggelar Sosialisasi Pilot Project “Desa Lestari Pangan”. Seperti acara-acara yang lainnya Ibu Ir. Arofa Noor Indriani, M. Si selaku Kepala BKPP DIY membuka acara Sosialisasi tersebut. Sebagai tuan rumah Ibu Kepala memberikan paparan gambaran sekilas mengenai kondisi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).  Kegiatan Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan dengan konsep KRPL, di DIY bermanfaat dalam pemenuhan pangan/gizi  keluarga (terwujud desa pangan lestari). Pendampingan kelompok penerima manfaat P2KP, perlu dioptimalkan, terutama pada tahun ketiga dst dari pelaksanaan kegiatan. Fungsi kebun bibit desa (lokasi P2KP) perlu dioptimalkan, agar kelestarian Kawasan Rumah Pangan dapat terjaga. Perlu motivasi/semangat bagi kelompok penerima manfaat P2KP dalam melaksanakan optimalisasi pemanfaatan pekarangan, agar KRPL dapat terwujud, terutama lestari. Disambung uraian recana kegiatan “PILOT PROJECT MEMBANGUN MODEL DESA PANGAN LESTARI” oleh Biro Perencanaan Kementrian Pertanian RI. Project ini terselenggara atas kerjasama antara Kerjasama antara Kementerian Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak (KPPPA) dan Kementerian Pertanian (BKP, Balitbangtan, BPSDMP, Biro Perencanaan, Ditjen Tanaman Pangan, Ditjen Hortikultura)  yang tertuang dalam MoU Tahun 2012, telah ditindaklanjuti dengan berbagai kegiatan di setiap eselon-1 di lingkup Kementan. Hal ini dapat meningkatkan kemandirian keluarga dalam penyediaan bahan pangan lokal, beragam, dan bergizi seimbang. Juga meningkatkan kemampuan keluarga dan masyarakat dalam pemanfaatan lahan pekarangan dan/atau sumberdaya ruang, baik di perkotaan maupun perdesaan untuk budidaya tanaman pangan, hortikultura (buah, sayuran dan tanaman hias) dan tanaman obat keluarga (toga), ternak dan ikan, serta penanganan  hasil segar dan pengolahannya dengan prinsip berkelanjutan. Lokasi yang terpilih untuk membangun model Desa Pangan Lestari (DPL) yaitu DIY (Jawa, Kota) di Kabupaten Kulon Progo (Desa Pendoworejo) dan Sulsel (Luar Jawa, Desa)di Kabupaten Maros (Desa Matoangin.

Berikut Rencana Kegiatan DPL tahun 2016 :

A. Pembinaan Kelembagaan Kelompok

B. Pembinaan optimalisasi lahan pekarangan dan pengembangan usaha pertanian

C. Pembinaan usaha pengolahan dan pemasaran

Pembicara kedua dari KPPPA (Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) mememaparkan mengenai Petunjuk pelaksanaan INDUSTRI RUMAHAN. Industri Rumahan adalah suatu industri skala mikro dan umumnya memanfaatkan atau  menghasilkan produk berupa barang jadi yang memberikan nilai tambah dan dikerjakan di rumah, secara khusus atau pun sebagai kerja paruh waktu. Rencana kerja meliputi: Identifikasi sumberdaya yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan Industri Rumahan; Identifikasi modul-modul pelatihan, Penetapan Lokasi;  Pemetaan pelaku Industri Rumahan; Penyusunan Database, Pelaksanaan Pemetaan dan Desain Intervensi, Pelaksanaan Intervensi, Pemantauan dan Seminar Nasional.

Tipe Industri Rumahan

  1. Tipe Pemula
    • Modalnya kecil (kurang dari 5 juta rupiah)
    • Proses produksi masih sederhana yang dilakukan dengan manual tanpa bantuan mesin.
    • Jumlah tenaga kerjanya masih sedikit yaitu sekitar 1-2 orang termasuk pemiliknya.
  2. Tipe Berkembang
    • Produksi semi kontinu
    • Modal cukup besar (5-25 juta)
    • Mulai menggunakan teknologi sederhana
    • Jumlah pekerja 3-5 orang
  3. Tipe Maju
    • Produksi kontinu
    • Modal (25 – 50 juta)
    • Jumlah pekerja 6-10 orang

Mengakhiri acara sosialisasi hari ini dijelaskan lebih lanjut tentang Definisi “PILOT PROJECT MEMBANGUN MODEL DESA PANGAN LESTARI” oleh Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian. Kegiatan pilot project ini merupakan salah satu bentuk lain dari optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan yang dilaksanakan di kawasan perdesaan pada cakupan wilayah yang lebih luas serta sasaran penerima manfaat yang lebih besar daripada KRPL untuk mencukupi kebutuhan pangan dan gizi serta peningkatan pendapatan rumah tangga. Sasaran kegiatan DPL adalah sebanyak 150 KK/rumah tangga yang berdomisili dalam suatu desa atau kelurahan. Calon lokasi yang akan ditetapkan sebagai model DPL ini yakni Desa/Kelurahan yang yang sebelumnya pernah menjadi lokasi KRPL. Mampu menyediakan lahan untuk kebun bibit dan demplot (bukan menyewa lahan) dan memeliharanya untuk kepentingan anggota kelompok dan masyarakat kelurahan/desa lainnya. Lahan untuk kebun bibit minimal    50 m2 dan demplot minimal 100 m2, diutamakan letaknya menyatu atau berdekatan, dan berada pada lokasi yang strategis.

Tahapan Pengembangan Pilot Project Desa Pangan Lestari

  1. Identifikasi calon lokasi dan penerima manfaat,
  2.  Pelatihan,                      
  3.  Pembuatan dan pengelolaan kebun bibit,
  4.  Pengembangan demplot,
  5.  Pemanfaatan pekarangan anggota.

Acara ditutup dengan diskusi dan tanya jawab dengan tamu undangan yang hadir. Untuk lebih memperoleh informasi dan umpan balik dalam rangka pengembangan PP DPL dan menyepakati jenis komoditas unggulan spesifik yang akan diangkat menjadi bahan baku industri ruamahan maka setiap perwakilan tim pusat dan daerah melakukan kegiatan seperti yang telah tertuang dalam rencana kegiatan Pilot Project Desa Pangan Lestari diatas dengan mengunjungi lokasi calon Desa Pangan Lestari di Pendoworejo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo pada hari Kamis 19 Mei 2016.

Lainnya :
*
Penerimaan Hibah KRPL Tahun 2018
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 09-07-2018 |
*
Kunjungan Special Reporter (SR) Dewan Hak Azasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (HAM PBB) ke Kulon Progo
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 16-04-2018 |
*
Diseminasi Perda - Pergub Penjaminan Mutu dan Keamanan PSAT di Daerah Suplier
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 30-10-2017 |
*
BKPP DIY Sosialisasikan HET Beras
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 27-10-2017 |
*
BKPP DIY Lakukan Pemantauan Mutu Beras
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 19-10-2017 |

Beranda Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan