Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Study Banding OKKPD Jawa Barat
OKKPD News
Oleh : Sekretariat | 01-06-2016 |

Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah (OKKPD) Jawa Barat yang beralamatkan di Jl. Ciumbuleuit No.2, Cipaganti, Coblong, Bandung, Jawa Barat pada tanggal 27 Mei 2016 melakukan study banding ke OKKPD DIY. Tamu yang datang disambut dengan hangat oleh Kepala Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan Ir. Kuncara Hadi Purwoko, MMA. dan Koordinator Fungsional Pengawas Mutu Hasil Pertanian (PMHP) Heru Jatmiko juga staff OKKPD lainnya.

Pada pertemuan ini turut juga dipresentasikan mengenai Sistem Informasi Manajemen OKKPD DIY. Aplikasi ini adalah pendaftaran online untuk Sertifikasi Prima, Registrasi PD (Pangan Dalam Negeri), Registrasi PH (Packing House/Rumah Kemas) dan Sertifikasi Jaminan Mutu UFP-BK. SIMOKKPD DIY ONLINE digunakan untuk mempermudah pelaku usaha yang bergerak dibidang produksi pangan segar asal tumbuhan (PSAT) didalam mendapatkan jaminan mutu dan keamanan pangan melalui sertifikasi produk. Untuk dapat melakukan pendaftaran melalui online, pelaku usaha wajib memiliki e-mail yang akan digunakan untuk pendaftaran akun di SIMOKKPD DIY ONLINE. Setelah memiliki akun, maka pelaku usaha dapat mengajukan permohonan sertifikasi secara online dan dapat memantau tahapan-tahapan sertifikasi yang diajukannya. OKKPD DIY hanya melayani pendaftaran sertifikasi produk segar (buah segar, sayur segar) dan produk antara (beras, tepung-tepungan, biji-bijian) yang berupa pangan segar asal tumbuhan (PSAT). Untuk pangan/produk olahan, pendaftaran sertifikasinya berada di Dinas Kesehatan (PiRT) serta Badan Pengawas Obat dan Makanan/BPOM (ML/MD). Dalam presentasinya juga dijelaskan mengenai syarat-syarat bagi pelaku usaha untuk mendapatkan sertifikat.  Diakhir acara Bapak Kuncara menyerahkan plakat kenang-kenangan dari OKKPD DIY, disusul dengan pemberian hadiah dari OKKPD Jawa Barat.

Tidak sampai disitu saja, perjalankan dilanjutkan dengan meninjau langsung ke lapangan Penerima Serifikat Prima 2 yaitu Kelompok Tani Muda Jaya di Imorejo, Wonokerto, Turi, Sleman dengan Produk Salak Pondoh serta ke Paguyuban Mitra Turindo yang berada di wilayah Kecamatan Turi, Kab. Sleman. Paguyuban ini selain memenuhi kebutuhan pasar eksport salak juga melakukan perannya sebagai lembaga pemasaran,serta tengah membantu melakukan pembinaan khususnya kepada Kelompok Tani di Kecamatan Turi yang sedang melakukan tahapan menuju arah register.

Lainnya :
*
OKKPD DIY Gelar Sidang Keputusan Surveilen bagi 4 Kelompok Tani
OKKPD News
Oleh : Sekretariat | 16-11-2016 |
*
Bimbingan Teknis (Bimtek) Audit Internal OKKP-D
OKKPD News
Oleh : Sekretariat | 16-08-2016 |
*
OKKP-D DIY kembali Loloskan Sertifikat Prima 3
OKKPD News
Oleh : Sekretariat | 09-08-2016 |
*
Pelatihan Petugas Pengawas Keamanan Pangan Segar
OKKPD News
Oleh : Sekretariat | 22-07-2016 |

Beranda OKKPD News