Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Prognosa Kebutuhan HKBN Menjelang Idul Fitri
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 24-06-2016 |

Untuk memenuhi permintaan pangan pada Hari Besar Keagamaan Nasional (HKBN) Idul Fitri, pada tangal 21 Juni 2016 BKPP DIY mengadakan Rapat Penyusunan Prognosa Permintaan prognosa (perkiraan) tingkat kebutuhan dan ketersediaan bahan pangan menjelang Idul Fitri. Kebutuhan bahan pangan menjelang Idul Fitri meningkat karena adanya peningkatan permintaan pasar. Hal ini dipengaruhi oleh adanya tradisi setiap Idul Fitri menyajikan hidangan istimewa. Dalam kondisi ini, dibutuhkan peran Pemerintah Daaerah untuk melakukan koordinasi pemantauan dengan melibatkan instansi terkait di masing-masing daerah, guna mengantisipasi ketersediaan, distribusi dan harga pangan menjelang Idul Fitri dan menyusun strategi kebijakan untuk menekan tingginya permintaan dan harga menjelang Idul Fitri, papar Ir. Syam Arjayanti, MPA selaku Kabid Ketersediaan dan Distribusi Pangan. Telah hadir pemapar materi dari Pinsar Petelur Nasional.

VISI PINSAR PETELUR NASIONAL adalah:

  1. Terwujudnya peternak ayam petelur rakyat yang mandiri dan sejahtera dalam menyediakan sumber protein hewani bagi masyarakat Indonesia

MISI PINSAR PETELUR NASIONAL adalah:

  1. Mengumpulkan dan menyebarkan informasi pasar produk ayam petelur dan pendukungnya yang bermanfaat bagi anggota dan masyarakat.
  2. Melakukan upaya-upaya mediasi dengan instansi pemerintahan untuk kepentingan anggota.
  3. Menjalin dan meningkatkan kerja sama dengan instansi-intansi dan badan-badan lain baik di dalam maupun luar negeri.
  4. Menyediakan bantuan hukum bagi anggota yang memerlukannya.
  5. Membentuk badan-badan usaha yang diperlukan (koperasi, dan lain-lain) untuk mewujudkan tujuan organisasi
  6. Melakukan usaha-usaha lain yang bermanfaat bagi organisasi untuk kepentingan anggota

Hadir juga narasumber dari PT. Madubaru yang juga memaparkan Produksi, Stok, dan Perkembangan Harga Gula Pasir Menjelang Idul Fitri Tahun 2016. Produksi /Giling  Pra-Tahun 2016. Pertumbuhan tebu terlambat, karena el nino th. 2015, mengakibatkan masa tebang /mulai gilingnya mundur.  Areal tebu semakin berkurang karena harga gula masih belum menarik, dan akibat kredit terlambat cair (KKP-E dihapus menjadi KUR baru yang mekanismenya masih belum banyak dipahami oleh para petani).

Disambung penjelasan Stock dan Harga Daging Ayam Menjelang HBKN oleh Asosiasi Peternak Ayam Yogyakarta (APAYO). Sampai saat ini tidak ada usaha ternak yang lebih baik dari ayam, tetapi tidak ada juga usaha ternak yang bisa merugi melebihi kerugian usaha ternak ayam. Lamanya budi daya ayam broiler selama 32 s/d 36 hari. Berat yang dicapai  1,5 s/d 1,8 kg sedangkan kebutuhan pakan selama 36 Hari = 2,8 kg / ekor. Sesuai dengan Permentan No 26 Tahun 2016 Tentang Pengaturan, Penyediaan, Peredaran Dan Pengawasan Benih/Bibit Ayam Ras maka Bapak Hari Wibowo menegaskan bahwa kita harus melakukan manuver bersama instansi-instansi terkait untuk mencegah adanya kelangkaan pangan di Hari Besar Keagamaan Nasional Idul Fitri tahun ini. Terkait dengan stock daging sapi, perwakilan dari Asosiasi Pedagang Daging Sapi Segoroyo mengatakan bahwa berdasarkan data dari Departemen Pertanian Provinsi DIY stock daging sapi mencapai 311.470. Harga dengan sendirinya akan naik apabila permintaan konsumsi akan daging sapi terus naik. Saat ini harga dari pejagal Rp. 105.000 / kg sedangkan di penjual mencapai Rp. 115.000 – 120.000 / kg. “Cara agar harga turun yakni dengan operasi pasar diimporkan dari luar daerah maupun luar negeri. Namun kita sedang dihadapkan dengan iklim yang tidak sehat sehingga mengakibatkan ketersediaan sapi siap potong terus menurun”, tutur beliau.   

Lainnya :
*
Kunjungan Ke Lokasi Lumbung Pangan Masyarakat Sumatera Barat
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Admin | 16-08-2018 |
*
BKPP DIY Selenggarakan Lomba Desa Mandiri Pangan Tahun 2018
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 26-07-2018 |
*
Sosialisasi Desa Mandiri Pangan 2018
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 17-07-2018 |
*
Pembahasan Lomba Desa Mandiri Pangan 2018
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 25-05-2018 |
*
BKPP DIY Kembangkan Kawasan Rumah Pangan Lestari
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 26-02-2018 |

Beranda Bidang Ketersediaan Pangan